get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Tingkatkan Kesiapan Operasional, KASAL Kukuhkan 5 Alutsista Puspenerbal

Kamis, 19 Januari 2023 | 23:34 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin acara kegiatan pengukuhan lima Alutsista yang digelar di Base ops Lanudal Juanda, Sidoarjo, Kamis, (19/1/2023).

Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan, kelima alutsista yang baru diserahterimakan dari pihak penyedia ke TNI AL itu akan langsung digunakan. Untuk Helikopter, pesawat Piper Archer akan langsung digunakan untuk melatih para pilot AL, sedangkan untuk pesawat CN-235-220 MPA akan langsung melakukan patroli ke perairan di seluruh wilayah Indonesia.

“Semua alutsista ini langsung bisa digunakan, termasuk pesawat patroli maritim langsung dapat melaksanakan patroli di perairan di seluruh Indonesia, pesawat patrol ini merupakan pesawat canggih keluaran terakhir dari CN-235,” kata Ali.

Lebih jauh Laksamana TNI Muhammad Ali menuturkan, dengan datangnya lima alutsista baru ini dapat dipastikan menambah kekuatan TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI. Namun jumlah tersebut dinilai masih kurang mengingat luasnya perairan indonesia.

“ tentu saja ini belum cukup karena perairan kita luas, dan kita masih membutuhkan alutsista. Kita akan terus menggunakan produk produk dalam negeri sesuai arahan Bapak presiden, maupun dari Panglima TNI dan Menhan juga. Jadi kita akan mengutamakan dan prioritaskan untuk pesawat patroli maritim dari produksi dalam negeri. Dan beberapa Pesawat latih nantinya akan menggunakan pesawat produksi dalam negeri yang hal ini akan dikerjakan oleh PT.DI,”ujarnya.

Ia menambahkan, TNI AL masih membutuhkan alutsista berupa armada transportasi udara yang diperuntukan membawa pasukan khusus TNI AL. serta kebutuhan helikopter yang akan digunakan untuk GKK lintas helikopter.

“kita masih membutuhkan transportasi udara untuk membawa pasukan khusus kita seperti denjaka, taifib dan kopaska. Selain itu kita juga membutuhkan helikopter untuk melakukan Gerakan kapal ke pantai atau GKK guna mendaratkan pasukan marinir Ketika melaksanakan operasi amfibi. Tapi yang paling penting saat ini, sementara ini masih patroli maritim,” pungkas Ali.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut