Tingkatkan Kewaspadaan dan Kesiapan Karyawan, RSI Siti Hajar Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Yoyok Agusta
.
Selasa, 15 November 2022 | 23:55 WIB
Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, menggelar simulasi kebakaran dan evakuasi pasien, Selasa (15/11/2022).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Guna menjaga kewaspadaan dan kesiapan dalam penanggulangan bencana kebakaran, Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, menggelar simulasi kebakaran dan evakuasi pasien (15/11).

Bahkan, dalam simulasi evakuasi pasien saat bencana kebakaran terjadi, juga melakukan latihan vertical rescue yakni menurunkan pasien dari lantai tiga tanpa menggunakan tangga, melainkan dengan tali.

Menurut Wakil Direktur Umum RSI Siti Hajar Alfi Rosida, dalam simulasi yang melibatkan karyawan RSI Siti Hajar dan petugas pemadam kebakaran dari BPBD Sidoarjo untuk saling bekerja sama dalam menghadapi kondisi bencana kebakaran yang tidak terduga.

“Semua prosedur yang diterapkan dalam simulasi merupakan bagian dari teman-teman untuk melakukan ini dengan baik dan benar. Terlebih lagi adanya bimbingan dari petugas kebakaran dari BPBD Sidoarjo, sehingga akan terjalin sinergitas yang baik antara karyawan rumah sakit dan petugas kebakaran, sehingga dalam penanggulangan bencana bisa berjalan baik,” jelas Alfi, Selasa (15/11/2022).

Lebih lanjut Alfi menjelaskan, jika RSI Siti Hajar yang memiliki Gedung dengan sembilan lantai, memiliki banyak barang yang berpotensi terjadi bencana kebakaran.

“Disini banyak berbagai macam alat elektronik, alat kesehatan, apalagi ada sumber daya listrik yang memungkinkan sewaktu-waktu bisa terjadi bencana kebakaran,” ujarnya.

Masih menurut Alfi, kegiatan yang melibatkan satu unit mobil pemadam kebakaran dan puluhan karyawan RSI Siti Hajar dan Petugas Kebakaran ini, juga untuk memenuhi standar akreditasi.

“ Kegiatan ini selain memenuhi standar akreditasi, bagaimana kesiapan kita mengevakuasi pasien dan keluarganya, dokumen, alat Kesehatan, saat terjadi bencana kebakaran,” imbuh Alfi.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini