get app
inews
Aa Read Next : Safari Ramadhan Unusida, Berikan Santunan Marbot Masjid dan Check Up Kesehatan Gratis

Masjid Hastana Keraton Kartasura Solo Berusia 200 Tahun. Ini Faktanya

Sabtu, 12 November 2022 | 20:36 WIB
header img
Mengenal Masjid Hastana Karaton Kartasura ( foto: intagram)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Ada banyak peninggalan bersejarah di Solo yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu yang harus dikunjungi yakni Hastana Karaton Kartasura yang menjadi ciri khas dari Kota Solo.

Masjid Hastana Karaton Kartasura sendiri berlokasi di Desa Siti Hinggil, Kecamatan Kartasura, Solo, Jawa Tengah.

Masjid itu masih berdiri dengan bangunan kokoh meski sudah ratusan tahun. Selain itu, tempat peribadahan umat Muslim ini juga penuh sejarah yang patut diketahui masyarakat.

Bahkan, beredar cerita masjid ini bisa membawa kesejukan bagi siapa saja yang berdiam diri masjid atau beribadah di dalamnya.

Anda penasaran apa saja keunikan dari Masjid Hastana Karaton Kartasura di Solo? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (12/11/2022), Dikutip iNewsSidoarjo.id

Asal usul Masjid Hastana Karaton Kartasura Masjid Hastana Karaton Kartasura dibangun saat Keraton Kesultanan Mataram masih berdiri di Kartasura.

Masjid tersebut dibangun pada masa Kerajaan Mataram yang dipimpin oleh Pakubuwono X. Dulunya, masjid ini dibangun dalam kompleks kerajaan Mataram yang berisi bangunan-bangunan lainnya.

Namun kini, tak ada lagi bangunan yang tersisa selain masjid tersebut dan beberapa makam seperti Kanjeng Bendoro Raden Ayu (BRA) Adipati Sedah Mirah, pujangga ayu sekaligus selir pertama Paku Buwana IX.

Masjid Hastana berada di dalam area pemakaman dan benteng yang melingkar. Masjid ini bangun di petilasan Keraton Kartasura yang menjadi Keraton Kasunanan Surakarta pada 1826.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut