Jokowi Turun Tangan dalam Tragedi Staidon Kanjuruhan Malang, Ini 5 Arahannya

Reza Fajri
.
Minggu, 02 Oktober 2022 | 15:24 WIB
Presiden Joko Widodo. ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Presiden Joko Widodo turun tangan salam tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) yang merenggut sedikitnya 129 orang meninggal dunia dan ratusan lain luka-luka.

Joko Widodo pun menyampaikan duka cita kepada semua korban atas tragedi ini. Ia menyesalkan peristiwa ini bisa menimbulkan korban jiwa yang begitu banyak.

Jokowi kemudian langsung turun tangan menyampaikan sejumlah arahan menyusul tragedi tersebut.

Ada 5 arahan yang disampaikan, berikut rangkumannya :

1. Investigasi Menyeluruh

Jokowi memiliki arahan khusus untuk Kapolri Sigit. Presiden meminta pimpinan kepolisian itu menginvestigasi dan mengusut tuntas kasus ini. "Khusus kepada Kapolri, Saya minta melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," kata Jokowi.

2. Hentikan Sementara Liga 1

Buntut tragedi Kanjuruhan, kompetisi sepak bola kasta pertama Indonesia yakni Liga 1 harus dihentikan. Ini juga merupakan arahan langsung dari Jokowi. Liga dihentikan sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan selesai dilakukan.

3. Monitor Layanan Media

Jokowi meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memonitor khusus layanan medis korban yang sedang dirawat di rumah sakit. Dengan demikian para korban bisa mendapat penanganan yang terbaik.

"Agar mendapatkan pelayanan terbaik," kata Jokowi dalam tayangan Sekretariat Presiden di Youtube, Minggu (2/10/2022).

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini