Seto Mulyadi Jenguk Warga Binaan yang Melahirkan, Ini Kata Kakanwil Kemenkumham Jatim

Yoyok Agusta
.
Minggu, 25 September 2022 | 16:29 WIB
Seto Mulyadi Saat mendatangi Rutan Perempuan Surabaya di porong, Sabtu, (24/9/2022).(foro:istimewa)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo id- Kondisi warga binaan Rutan Perempuan Surabaya yang baru saja melahirkan bayi berinisial AV mendapatkan perhatian dari pemerhati anak, Seto Mulyadi.

Pria yang akrab disapa Kak Seto itu datang ke rutan yang terletak di Kecamatan Porong itu pada Sabtu sore (24/9).

Sayangnya, Kak Seto belum bisa bertemu AV. Perhatian dari Kak Seto tersebut mendapatkan apresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Menurutnya, perhatian dari masyarakat sangat berharga bagi AV dan bayinya. Namun, karena aturan dan SOP yang ada, pihaknya belum bisa memfasilitasi pertemuan dengan AV.

"Petugas kami tidak bisa memfasilitasi pertemuan tersebut karena sesuai aturan dan SOP yang berlaku, warga binaan tidak bisa ditemui di luar jam kunjungan," ujar Zaeroji, Minggu (25/9/2022).

Zaeroji menjelaskan bahwa dalam lapas/ rutan memang ada aturan yang harus ditegakkan. Hal ini untuk memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga. Apalagi rutan perempuan yang punya karakter dan membutuhkan penanganan khusus.

"Kami juga apresiasi kepada petugas yang tegak lurus menjalankan tugas sesuai aturan dan SOP yang ada," terang Zaeroji.

Meski begitu, Zaeroji menegaskan bahwa Kak Seto bisa mengunjungi AV di hari dan jam kunjungan langsung. Yaitu pada Senin 26 September 2022.

Namun tetap dengan catatan AV bersedia menemui Kak Seto.

"Kami sifatnya hanya memfasilitasi saja, keputusan mau tidaknya kami serahkan ke warga binaan, apalagi Kak Seto tidak termasuk keluarga inti atau penasihat hukum warga binaan yang dimaksud," pungkasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan
Bagikan Artikel Ini