Tingkatkan Kemampuan Anggotanya, MKKS Sidoarjo Gelar Pelatihan Perencanaan Berbasis Data

Yoyok Agusta
.
Selasa, 20 September 2022 | 21:03 WIB
MKKS Sidoarjo gelar pelatihan perencanaan berbasis data, Senin (20/9/2022)(Foto:inewssidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Seratus lebih Kepala Sekolah maupun Guru SMA swasta yang tergabung dalam, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Swasta (MKKS), mengikuti pelatihan perencanaan berbasis data yang di gelar di salah satu Hotel di Sidoarjo, Senin (20/9/2022).

Kegiatan yang bertujuan untuk melatih para pengajar SMA swasta agar mereka mampu beradaptasi di era digital, sehingga mereka dapat merencanakan berbagai program sekolah berbasis data.

Ketua musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) Sidoarjo Wigatiningsih menjelaskan, Lembaga Pendidikan merupakan lembaga yang di titipi orang tua siswa, untuk mendidik anaknya, menuju masa depan yang gemilang, terlebih lagi di Indonesia emas tahun 2045.

Lembaga pendidikan menjadi keniscayaan membuat perencanaan program kegiatan by data.

“Sebuah kegiatan di sekolah itu harus by design tidak by insiden, tidak boleh melakukan kegiatan yang sifatnya tiba tiba, harus dirancang sedemikian rupa diawal. Berangkatnya dari rapor Pendidikan, dan semua sekolah sudah memiliki rapor Pendidikan,” kata Wigati sapaan akrab Wigatiningsih.

Lebih lanjut Wigati mengatakan, Dengan adanya perencanaan berbasis data, akan memudahkan pihak sekolah untuk menjalankan program kegiatan, sehingga setiap perencanaan sekolah memiliki pijakan jelas.

“jadi tritmen yang dilakukan pasti ada pijakannya, tidak tib-tiba melakukan kegiatan atau mengikuti tren yang ada. Tetap itu suatu kebutuhan sekolah satuan pendidikan untuk merancang kegiatan sekolah.

Nanti data itu akan ngeling ke pendanaan, ngeling ke kemendikbud ristek. Dan itu luar biasa, sekolah butuh kecepatan. Ketika kita melakukan percepatan ternyata tidak ada data yang bisa kita pijaki, itu bahaya,” ujar Wigati.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini