Logo Network
Network

Tingkatkan Kemampuan Anggotanya, MKKS Sidoarjo Gelar Pelatihan Perencanaan Berbasis Data

Yoyok Agusta
.
Selasa, 20 September 2022 | 21:03 WIB
Tingkatkan Kemampuan Anggotanya, MKKS Sidoarjo Gelar Pelatihan Perencanaan Berbasis Data
MKKS Sidoarjo gelar pelatihan perencanaan berbasis data, Senin (20/9/2022)(Foto:inewssidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Seratus lebih Kepala Sekolah maupun Guru SMA swasta yang tergabung dalam, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Swasta (MKKS), mengikuti pelatihan perencanaan berbasis data yang di gelar di salah satu Hotel di Sidoarjo, Senin (20/9/2022).

Kegiatan yang bertujuan untuk melatih para pengajar SMA swasta agar mereka mampu beradaptasi di era digital, sehingga mereka dapat merencanakan berbagai program sekolah berbasis data.

Ketua musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) Sidoarjo Wigatiningsih menjelaskan, Lembaga Pendidikan merupakan lembaga yang di titipi orang tua siswa, untuk mendidik anaknya, menuju masa depan yang gemilang, terlebih lagi di Indonesia emas tahun 2045.

Lembaga pendidikan menjadi keniscayaan membuat perencanaan program kegiatan by data.

“Sebuah kegiatan di sekolah itu harus by design tidak by insiden, tidak boleh melakukan kegiatan yang sifatnya tiba tiba, harus dirancang sedemikian rupa diawal. Berangkatnya dari rapor Pendidikan, dan semua sekolah sudah memiliki rapor Pendidikan,” kata Wigati sapaan akrab Wigatiningsih.

Lebih lanjut Wigati mengatakan, Dengan adanya perencanaan berbasis data, akan memudahkan pihak sekolah untuk menjalankan program kegiatan, sehingga setiap perencanaan sekolah memiliki pijakan jelas.

“jadi tritmen yang dilakukan pasti ada pijakannya, tidak tib-tiba melakukan kegiatan atau mengikuti tren yang ada. Tetap itu suatu kebutuhan sekolah satuan pendidikan untuk merancang kegiatan sekolah.

Nanti data itu akan ngeling ke pendanaan, ngeling ke kemendikbud ristek. Dan itu luar biasa, sekolah butuh kecepatan. Ketika kita melakukan percepatan ternyata tidak ada data yang bisa kita pijaki, itu bahaya,” ujar Wigati.

Diharapkan dengan adanya kegiatan yang di prakarsai MKKS ini, SMA swasta yang tergabung dalam MKKS dapat maju Bersama, sesuai dengan jargon MKKS yakni SMA maju Bersama hebat semua.

“jangan sampai SMA yang besar lari kencang sendiri yang lain ditinggal. Gak bolehkan?! karena sekarang era kolaborasi bukan kompetisi, walaupun kompetisi masih diperlukan,’pungkas Wigati.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo Lutfi Insan Anshori menjelaskan jika pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh MKKS.

Diharapkan dengan kegiatan ini SMA swasta yang tergabung MKKS Sidoarjo ini, siap migrasi dari era konvensional ke by data.

“semua data, semua informasi tersedia, sehingga bisa di informasikan dengan cepat dan akurat. Dengan data ini pihak sekolah bisa membrending sekolahnya dengan data yang ada. Makanya saya sangat mendukung sekali, dengan adanya kegiatan ini” ungkap Lutfi.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.