Logo Network
Network

Berlian Paling Terkenal di Dunia,7 Fakta Menarik Kohinoor di Mahkota Ratu Elizabeth II

Pradita Ananda , Okezone
.
Senin, 19 September 2022 | 22:32 WIB
Berlian Paling Terkenal di Dunia,7 Fakta Menarik Kohinoor di Mahkota Ratu Elizabeth II
berlian Kohinoor di mahkota Ratu Elizabeth II ( Foto: Reuters/POOL/Oli Scarff)

GAYA HIDUP, iNewsSidoarjo.id-Berlian Kohinoor mendadak populer seiring dengan kematian Ratu Elizabeth II. Ramai di sosial media, para netizen membahas pemerintah Inggris harus memgembalikan artefak yang diambil oleh Kerajaan Inggris, termasuk berlian Kohinoor.

Batu berlian yang ada di mahkota Ratu Elizabeth II itu adalah salah satu berlian paling terkenal di dunia, dan menyimpan banyak fakta menarik di dalamnya. Menghimpun Time, NBC News dan Economic Times, Sabtu (17/9/2022) berikut di bawah ini paparan singkatnya.

1. Arti: Kohinoor memiliki arti “Mountain of Light,” atau Gunung Cahaya. Asal-usul pastinya tidak diketahui, namun disebutkan kemungkinan besar ditemukan di India.

2. Bagian sejarah perang: Danielle Kinsey, asisten profesor sejarah Inggris abad ke-19 di Universitas Carleton menyebutkan, berlian Kohinoor memiliki sejarah menjadi bagian dari rampasan perang atau trofi yang diambil sebagai hasil perang di Asia Selatan.

Menjadikan Kahinoor sebagai Jadi dalam simbol penjarahan yang sejarah panjang imperialisme penjarahan.

3. Bagian dari beberapa dinasti: Kohinoor jadi bagian penting beberapa dinasti, dimulai dengan Mughal pada abad ke-16, lalu Persia dan kemudian Afghanistan, sebelum Sikh Maharaja Ranjit Singh mendapatkan berlian ini pada tahun 1813.

Maharaja Duleep Singh, putra dan penerus Maharaja Ranjit Singh lah orang terakhir yang memegang berlian Kahinoor sebelum diambil oleh Inggris di tahun 1849.

Maharaja Duleep yang baru berusia 11 tahun kala itu menandatangani Perjanjian Lahore, yang termasuk di dalamnya menetapkan bahwa ia akan memberikan berlian itu kepada Ratu Inggris.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini