get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Menurut Penelitian Terbaru, Cahaya dari Smartphone Bisa Percepat Penuaan

Rabu, 07 September 2022 | 12:33 WIB
header img
Cahaya dari smartphone bisa percepat penuaan menurut penelitian terbaru (Foto: Pixabay)

Dan karena metabolit ini hampir memiliki peran yang sama dalam sel manusia, ada alasan bagus untuk percaya bahwa paparan cahaya biru yang berlebihan juga dapat mempercepat penuaan pada manusia. Namun perlu diingat, para peneliti menggunakan cahaya biru yang cukup kuat dalam eksperimen mereka, sedangkan jenis cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat yang secara teratur terpapar pada manusia jauh lebih lemah.

Inilah sebabnya mengapa penulis studi baru meminta lebih banyak penelitian yang melibatkan sel manusia untuk membuat penilaian risiko yang lebih baik. Cahaya biru dari LED yang digunakan di smartphone, TV, dan tablet memiliki panjang gelombang antara 400 dan 490 nanometer.

Cahaya biru dapat merusak retina, tergantung pada panjang gelombang dan waktu pemaparan. Filter yang memotong hingga 95% cahaya biru dapat mengurangi kerusakan ini.

Dan sementara paparan cahaya biru pada malam hari telah dikaitkan dengan kesulitan tidur dan gejala depresi, paparan cahaya biru singkat di pagi hari mungkin memiliki efek sebaliknya. Satu studi menemukan bahwa paparan cahaya biru selama 20 menit dapat meredakan gejala gangguan afektif musiman, atau SAD, suatu bentuk depresi yang terjadi selama pergantian musim.

“LED telah menjadi penerangan utama di layar tampilan seperti ponsel, desktop, dan TV, serta pencahayaan sekitar, sehingga manusia di masyarakat maju terpapar cahaya biru melalui pencahayaan LED selama sebagian besar jam bangun mereka," lanjut Giebultowicz.

"Bahan kimia pensinyalan dalam sel lalat dan manusia sama, sehingga ada potensi efek negatif cahaya biru pada manusia,” tutupnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut