Logo Network
Network

Permen Kombucha untuk Atasi Masalah Pencernaan, Mahasiswa UI Ciptakan Inovasi

antara
.
Senin, 05 September 2022 | 10:27 WIB
Permen Kombucha untuk Atasi Masalah Pencernaan, Mahasiswa UI Ciptakan Inovasi
Feyza Hilyata (FIK UI) yang tergabung dalam Tim Boocaw bersama Annisa Belva (Binus University)/Antara

DEPOK, iNewsSidoarjo.id-Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Feyza Hilyata membuat inovasi permen jeli stik sehat yang mengandung kombucha, buah kersen, tanaman herbal untuk mengatasi masalah pencernaan.

"Permasalahan yang menjadi sorotan terkait pencernaan di Asia itu penting banget, khususnya di Indonesia. Produk jeli stik yang diberi nama BuchaBons bisa menjadi salah satu alternatif untuk masalah pencernaan," ujar Feyza Hilyata dikutip dari Antara, Senin (5/9/2022).

Melangsir dari okezone.com, lebih lanjut, Feyza memaparkan jika disandingkan dengan obat-obatan, BuchaBons diharapkan bisa jadi produk substitusi cemilan sehat.

BuchaBons terbuat dari kombucha yang merupakan teh dengan jamur scoby yang isinya bakteri sehat, plus jamur probiotik.

Pemanis yang dipergunakan untuk BucbaBons berasal dari buah kersen (buah ceri). Buah kersen berperan sebagai pengganti gula yang memicu kombucha untuk berfermentasi. Selain manis, kersen juga memiliki kandungan antidiabetik.

Ada beberapa varian BuchaBons yang dibuat menggunakan tanaman herbal lokal Indonesia yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Produk ini dibuat dari sumber probiotik, rendah gula, ramah untuk penyuka sayuran, enak, dengan harga yang terjangkau. BuchaBons mudah dibawa dan bisa dikonsumsi dimana saja.

"Sejujurnya tak terduga, karena konsep lombanya beda dengan yang biasa aku ikuti. Kebetulan lombanya itu durasinya lumayan lama dan berbarengan sama ujian di fakultas. Ini keajaiban dari Allah," kata Feyza.

Ia berharap bisa terus berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia dan UI.

Ia berharap prestasi ini dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk berkolaborasi dalam menyalurkan gagasan inovatifnya, sehingga dapat berkontribusi pada masyarakat sekitar.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.