get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Tokoh Kopi Dunia Manuel Diaz Kagum Saat Kunjungi Perkebunan Kopi di Dampit Malang

Rabu, 31 Agustus 2022 | 22:49 WIB
header img
Tokoh Kopi Dunia Manuel Diaz berbagi pengalaman ketika mengunjungi kebun kopi Dampit, Kabupaten Malang. (Ft : ist).

MALANG, iNewsSidoarjo.id - Tokoh kopi dunia Manuel Diaz mendapat sambutan hangat dari petani saat mengunjungi perkebunan kopi di Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Manuel Diaz yang merupakan instruktur Coffee Quality Institute (CQI) hadir atas undangan Akartana untuk memberikan edukasi budidaya kopi pada petani kopi di Dapit, sebuah daerah yang terkenal dengan produksi kopi robustanya sejak 1922.

"Kopi robusta bukan kopi kelas dua, bedanya dengan Arabika itu soal varietas, jadi seharusnya petani dalam membudidaya kopi robusta tidak perlu minder, dan perlakuannya seharusnya sama dalam hal perawatan, panen, hingga pasca panen," kata Manuel Diaz, yang punya lembaga ONA Consulting di Meksiko.

Ia telah memberi pelatihan kopi sejak 1988, terutama cupping dan roasting di berbagai negara di dunia, seperti USA, Guatemala, Italia, Uganda, Korea Selatan hingga Indonesia.

Lebih jauh Manuel menambahkan, jika petani melakukan upaya terbaik dari proses penanaman, perawatan hingga pasca panen, maka pasti juga hasilnya atau harga bisa baik.

"Apalagi di Dampit ini punya sejarah yang kuat, usia perkebunannya sudah 100 tahun, itu menjadi nilai lebih," ujarnya.

Sementara itu Rizal Kertosastro, pemilik Akartana menyatakan pada era perkebunan Margosuko masih beroperasi di Dampit, memiliki Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur soal petik merah.

"Jadi kalau misal pekan ini petani memanen sebatang pohon pada hari Senin, maka harus dikasih jeda satu pekan lagi untuk panen selanjutnya atau Senin depannya, kalau tidak petani bisa kena sanksi," jelas Rizal.

"Memang Margosuko sempat vakum, maka Perdes tersebut sekarang tidak diberlakukan lagi. Saya mendengar keluhan petani, maka ikhtiar saya mendirikan Akartana ini karena ingin meneruskan apa yang telah dilakukan eyang dan bapak saya di Margosuko," imbuh Rizal.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut