get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Terkini Ferdy Sambo hingga Kuat Ma'ruf saat Dieksekusi ke Lapas Salemba

Inilah Profil Komjen Agus Andrianto, Sosok Kabareskrim yang Bongkar Kasus Brigadir J

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 14:50 WIB
header img
Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto. (iNews)

JAKARTA, iNews.id - Komjen Agus Andrianto merupakan perwira tinggi Polri. Saat ini jenderal bintang tiga itu yang menjabat sebagai Kabareskrim. Sosok Komjen Agus Andrianto menjadi salah satu tokoh penting yang mengungkap kasus penembakan Brigadir Nopryansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J dengan tersangka Irjen Ferdy Sambo.

Siapakah Sosok Komjen Agus Andrianto, Ini Profil dan Biodatanya :

Agus merupakan pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967. Di umur yang masih 55 tahun, kariernya di Polri terbilang masih tiga tahun lagi. Sebelum menjadi Kabareskrim, lulusan Akpol 1989 ini menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri pada 2019.

Pada tahun inilah dia naik pangkat menjadi jenderal bintang tiga. Kariernya di Polri pun sangat mentereng. Dia termasuk lulusan Akpol di angkatannya yang cepat naik pangkat dengan sejumlah prestasi. Agus mengawalinya dengan menerima tugas di wilayah hukum Polda Sumatera Utara.

Ketika itu pada 1992, dia ditunjuk sebagai Kapolsek Sumbul, kemudian Kapolsek Parapat pada 1993 serta Kapolsek Percut Seituan pada 1995. Dia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian.

Pada 1997, Agus menjabat sebagai Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, Kasat Serse Poltabes Medan 1999, Kasubag Binops Bag Serse Ek Polda Jatim 2001, Kasubag Binops Bag Serse Um Polda Jatim 2001, Wakapolres KP3 Tanjungperak 2003, Pamen Polda Jatim 2005, serta Kasat I/Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya 2006.

Dia juga pernah menjabat sebagai Dir Psikotropika dan Prekursor Deputi Bid Pemberantasan BNN pada 2015. Kemudian menjadi Dirtipidum Bareskrim Polri 2016 yang menangani kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut