get app
inews
Aa Read Next : Tolak Keras Keberadaan Israel pada 1958, Bung Karno : Bentuk Solidaritas pada Palestina

Ini Alasannya Bung Karno Pilih Proklamirkan Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:18 WIB
header img
Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. (Foto: Dok/ist)

Mengapa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dilakukan 17 Agustus ?

Bung Karno yang didesak untuk segera memproklamasikan kemerdekaan kemudian berbicara kepada para pemuda yang menculiknya. Dengan suara rendah, Bung Karno berbicara: “Yang paling penting di dalam peperangan dan revolusi adalah saatnya yang tepat.

Saya seorang yang percaya pada mistik. Saya tidak dapat menerangkan dengan pertimbangan akal, mengapa tanggal 17 lebih memberi harapan kepadaku.

Akan tetapi saya merasakan di dalam kalbuku, bahwa itu adalah saat yang baik. Angka 17 adalah angka suci. Pertama-tama kita sedang berada dalam bulan suci Ramadhan, waktu kita semua berpuasa, ini berarti saat yang paling suci bagi kita.

Tanggal 17 besok hari Jumat, hari Jumat itu Jumat legi, Jumat yang berbahagia, Jumat suci. Al-Quran diturunkan tanggal 17, orang Islam sembahyang 17 rakaat, oleh karena itu kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia.

Detik-Detik Proklamasi Dikutip dari buku 'IPS Terpadu' terbitan Esis, berdasarkan kesepakatan antara golongan tua dan golongan muda, Joesof Koento, Ahmad Soebardjo, dan Sudiro kemudian menjemput Soekarno dan Moh Hatta di Rengasdengklok untuk membahas kemerdekaan.

Rombongan Soekarno dan Moh Hatta pun tiba di Jakarta sekitar pukul 23.00 WIB. Mereka langsung menuju rumah Laksamana Maeda di Jalan Miyokodori (sekarang Jalan Imam Bonjol nomor 1) untuk menyusun teks proklamasi.

Perumusan teks proklamasi dilaksanakan di ruang makan rumah Laksamana Maeda. Teks tersebut ditulis oleh Soekarno dan dibantu oleh Moh Hatta dan Ahmad Soebardjo. Turut juga disaksikan oleh Miyoshi, Soekarni, B.M Diah, dan Soediro.

Berikut Teks Proklamasi Tulisan Tangan Soekarno

Proklamasi Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnja.

Djakarta 17-8-'05

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut