get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Ada yang Jarang Dijamah Manusia, Ini Beberapa Gurun Pasir di Indonesia

Senin, 08 Agustus 2022 | 15:37 WIB
header img
Gurun pasir di Indonesia mempunyai pemandangan yang tak kalah eksotis seperti gurun pasir di timur tengah. (Foto: Instagram).

Gumuk Pasir Sumalu

Gurun pasir ini mungkin jarang didengar oleh masyarakat luas, namun memiliki pemandangan eksotis. Gumuk Pasir Sumalu berada di Toraja, Sulawesi Selatan.

Keunikan dari gurun Gumuk Pasir Sumalu terletak pada kepadatan pasir yang dimiliki oleh gumuk pasir ini juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang mampu menyegarkan mata.

Gumuk Pasir Sumalu terletak di dua tempat yang berbeda yakni depan Gereja Toraja Jemaat To’ Sapang, Rantebua Sanggalangi dan juga terletak di Buntu Rondo, Rantebua Sumalu. Disarankan bagi pengunjung untuk datang menjelang matahari terbit dan matahari terbenam karena pemandangannya lebih menakjubkan saat di dua waktu tersebut.

Belum lagi taman yang berisikan bunga serta hembusan angin menambahkan kesyahduan tempat ini.

Pasir Berbisik

Pasir berbisik merupakan hamparan padang pasir yang cukup luas berlokasi di bawah kaki gunung Bromo, Malang.

Dinamakan pasir berbisik karena jika pasir ini tersapu oleh angin akan menimbulkan bunyi layaknya suara bisikan manusia. Latar pemandangan yang cantik, membuat beberapa film pernah mengambil shooting di tempat ini seperti tendangan dari langit, kulari ke pantai dan film yang namanya mirip dengan nama tempatnya yakni pasir berbisik.

Pengunjung bisa menyewa jeep ataupun berkuda untuk mengelilingi gurun pasir. Selain itu, tempatnya sangat instagramable dan banyak pengunjung yang mengabadikan momen saat berada di tempat wisata pasir berbisik.

Pengunjung yang ingin kemari, di sarankan agar datang saat sunrise dan sunset karena akan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Padang Pasir Oetune

Berlokasi di Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Keunikannya, selain kamu dapat menikmati hamparan padang pasir yang luas, pengunjung juga dapat menikmati indahnya laut biru dari pantai Oetune yang tidak jauh dari lokasi padang pasir.

Hamparan pasir putih yang lembut dan suara deburan ombak yang berbisik di telinga akan menambah kesan menenangkan bagimu yang ingin mencari ketenangan.

Pengunjung juga dapat bermain pasir dan duduk di atas hamparan pasir lembut serta tidak lupa mengabadikan momen dengan gawai pribadimu.

Wisata ini masih jarang dijamah oleh keramaian, jadi masih terjaga kelestariannya. Menuju lokasinya bisa menempuh perjalanan selama tiga jam dari kota Kupang menggunakan kendaraan pribadi dengan kecepatan normal.

Gumuk Pasir Tuntung Karang

Gumuk pasir Tuntung Karang berlokasi di Garut, Jawa Barat. Gurun ini dijuluki Sahara van Garut karena lokasi wisatanya sangat eksotis dan mirip gurun Sahara di Afrika.

Gumuk pasir berada di kawasan wisata pantai Sayang Heulang dan menempuh tiga jam dari pusat kota Garut. Wisata ini sangat cantik dan instagramable karena pengunjung bisa berswafoto dengan latar gurun pasir yang luas dan pantai Sayang Heulang.

Untuk masuk ke dalam kompleks wisata gumuk pasir, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp7.000 per orang.

Tiket ini sudah bisa digunakan untuk mengunjungi pantai Sayang Heulang dan bukit Teletubbies yang berlokasi di tempat yang sama. Itulah rekomendasi gurun pasir yang ada di Indonesia.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berwisata ke salah satu destinasi tersebut. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut