get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Mengintip Fashion Show dan Pantomim Siswa SLB, Saat Pentas Seni di Mall

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:48 WIB
header img
Ratusan siswa penyandang difabel dari berbagai sekolah SLB di Sidoarjo, menggelar pentas seni di Lippo Plaza Sidoarjo, Selasa pagi, (26/7) (Foto:Yoyok Agusta/inewssidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Ratusan siswa penyandang difabel dari berbagai sekolah SLB di Sidoarjo, menggelar pentas seni di Lippo Plaza Sidoarjo, Selasa pagi, (26/7).

Mereka unjuk kebolehan pantomim hingga fashion show. Selain itu pra siswa itu, juga diajak bergembira di zona permainan yang berada di Mall tersebut.

General Manager Lippo Plaza Sidoarjo, Erick Richardo mengatakan, pentas tersebut sebagai wadah untuk mengapresiasi bakat dan minat siswa difabel.

Menurutnya, meskipun dalam keterbatasan, bakat anak-anak tersebut layak untuk ditampilkan.

"Contohnya pantomim tadi saya sangat terkesan sangat layak di tampilkan dan sebagai talent di Lippo," ucap Erick, Selasa, (26/6/2022).

Ke depan, Lippo Plaza Sidoarjo akan menyediakan fasilitas ruang publik untuk siswa difabel di Sidoarjo. Agar karya dan bakat mereka bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

"Lippo adalah milik kita bersama, termasuk para anak-anak spesial ini," imbuhnya.

Sementara itu. Saji selaku Pengawas Pendidikan Khusus (SLB) Dinas Pendidikan Jatim mengatakan, hal tersebut sebagai aksi nyata peran dunia usaha memberi wadah untuk anak difabel.

Kreativitas mereka layak tampil di depan publik. Agar mereka bisa mandiri melalui bakat dan minat yang mereka miliki.

"Sesuai dengan semboyan kami, ABK bisa, pendidikan khusus istimewa dan mandiri tanpa diskriminasi. Seperti yang dilakukan Lippo Plaza ini," kata Saji.

Diketahui, ada 1.500 siswa penyandang difabel di Sidoarjo. Mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dengan kondisi difabel yang bermacam macam. Data tersebut berdasarkan catatan dari Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Kabupaten Sidoarjo, Lestari Hariyati.

Ia menyebutkan, ada 29 Lembaga SLB yang dilibatkan dalam kegiatan itu. Setiap lembaga mengirimkan 30 siswa dan 7 guru pendamping.

Sedangkan peserta performance ada 123 siswa. Ia berharap kegiatan ini bisa menginspirasi mall yang lain, untuk menjembatani siswa difabel dalam menunjukan bakatnya.

"Mereka sebenarnya memiliki kelebihan masing-masing. Beberapa lembaga sudah mempunyai produk hasil karya siswa difabel yang layak dikonsumsi publik, misalnya batik, kaos, telor asin, roti dan sebagainya," tutupnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut