Tembakan Himars Artileri, Akhiri Latihan Puncak Calfex di Puslatpur Marinir

Riski Amirul
Tembakan Terintegrasi Menggunakan HIMARS Artileri 105 mm

SITUBONDO, iNewsSidoarjo.id - Super Garuda Shield Tahun 2024 di Pusat Latihan Tempur 5 Marinir Baluran Situbondo resmi berakhir.

Latihan puncak penembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan atau combined arms life fire exercise (Calfex) ini diawali dengan tembakan terintegrasi menggunakan HIMARS Artileri 105mm yang melakukan tembakan pra-serangan guna memfasilitasi penyerbuan, penerobosan dan perebutan sasaran musuh oleh pasukan infantri.

Adapun tembakan amunisi tajam terintegrasi antar-kecabangan menjadi kegiatan puncak dari Latihan Gabungan Bersama tersebut.

"Kita (Indonesia) ini kan nonblok ya, melaksanakan kerja sama (Latgbama SGS 2024) ini adalah untuk mengeratkan hubungan antarnegara," tegas Komandan Kodiklat TNI Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah usai meninjau latihan Calfex Latgabma SGS 2024, dilansir dari iNewsBondowoso.id pada Jumat (7/9/2024).

Tampak sejumlah personel yang terlibat dalam latihan penembakan amunisi tajam terintegrasi ini, dan pasukan multinasional gabungan, yakni Tentara Nasional Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang dan Singapura.

Latihan puncak Calfex Super Garuda Shield 2024 juga merupakan ajang untuk melakukan validasi kemampuan komandan lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung secara taktis, aman dan realistis dengan menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran.

Adapun persenjataan dan alutsista yang digunakan, yakni Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli Caracal, Heli Panther, Heli UH-60 Iackhawk, ASTROS, HIMARS, MO 60 dan MO 81. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network