UPTD ABK Sidoarjo, Kenalkan Buku Panduan Artikulasi Latihan Konsonan

Nur Hidayah
Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo, Nishrina Khamida, M.Psi., Psikolog.

Terpisah, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) UNESA berkolaborasi dengan Unit Pelayanan Terpadu Daerah Anak Berkebutuhan Khusus (UPTD ABK) memberikan sarana Latihan anak disabilitas sensorik rungu melalui buku panduan artikulasi latihan konsonan.

“Salah satu sarana mengembangkan komunikasi adalah dengan mengenalkan cara pengucapan huruf dengan baik. Dengan hal itu anak dengan disabilitas sensorik rungu akan mampu mengembangkan mengembangkan komunikasi dengan dasar komunikasi yang benar melalui penggunaan serta pengucapan huruf yang benar”, jelas Kencana Nanda, salah satu mahasiswa PLB UNESA.

Menurutnya, bina bicara merupakan sarana latihan anak disabilitas sensorik rungu agar dapat berbicara sehingga mampu berkomunikasi dengan baik dan benar. Tak hanya itu, memberikan bina bicara sedini mungkin pada anak disabilitas sensorik rungu dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan bicara yang bisa diterima lingkungannya.

Selain buku panduan ini bertujuan menyediakan sumber daya praktis dan terstruktur bagi individu yang ingin meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan mereka. Buku panduan ini menyajikan serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk membantu pembaca dalam mengatasi kesulitan dalam pengucapan konsonan secara tepat dan jelas terutama anak-anak berkebutuhan khusus.

“Buku panduan ini mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan artikulasi konsonan, mulai dari pemahaman dasar tentang jenis-jenis konsonan hingga teknik-teknik latihan yang efektif. Setiap bagian didesain dengan tujuan memberikan panduan yang komprehensif dan mudah dipahami bagi pembaca, termasuk ilustrasi yang mendukung, contoh-contoh pengucapan, dan latihan-latihan yang dapat langsung dipraktekkan” imbuhnya.

Dalam memberikan sarana latihan berupa buku panduan, sebanyak 10 mahasiswa PLB UNESA semester 6 ini saling berinteraksi dengan beberapa anak Disabilitas Sensorik Rungu Usia Dini & Anak dengan Fase Intervensi Dini di UPTD ABK Sidoarjo secara personal. Tentunya, dari pihak orang tua juga sangat mensupport penuh terhadap program yang dikenalkan pada anak - anaknya.

Selain mempermudah proses belajar tentunya juga mampu meningkatkan pengetahuan tambahan teknik melafalkan huruf konsonan dengan mudah.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network