Khalifah Abu Bakar, Ketawadhuannya Membuat Umar Takjub Dan Patut Diteladani

Rusman Hidayat Siregar
Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq memiliki banyak keistimewaan yang patut diteladani. Salah satunya ketawadhuan beliau ketika menjabat khalifah. Foto ilustrasi/ist

3. Memilih Jalan Kaki Saat Mengantar Panglima Perang Muslim Imam Al-Baihaqi rahimahullah dalam Sunan-nya menyebutkan sebuah riwayat dari Imam Sa'id bin al-Musayyib bahwa tatkala hendak mengirimkan pasukan muslimin ke negeri Syam.

Abu Bakar mengangkat Yazid bin Abi Sufyan, Amr bin al-Ash, dan juga Syurahbil bin Hasanah sebagai panglimanya. Setelah ketiganya menaiki kendaraan, Abu Bakar mengantarkan mereka hingga ke Bukit Wada.

Para panglima itu karena merasa tidak enak berkata: "Wahai Khalifahnya Rasulullah, mengapa engkau berjalan mengantarkan kami sedang kami menaiki kendaraan?" "Aku berharap memperoleh pahala atas langkahku ini membersamai kalian dalam jihad di jalan Allah," jawab sang Khalifah Abu Bakar.

Itulah sekelumit ketawadhuan Abu Bakar Ash-Shiddiq yang mengagumkan. Semoga kita dapat meneladaninya. Wallahu A'lam iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network