get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Menkominfo Kenalkan Filosofi Jawa saat Buka Pertemuan Dua Anggota G20

Selasa, 17 Mei 2022 | 20:50 WIB
header img
Menkominfo Johnny G Plate berbincang dengan perwakilan delegasi anggota G20 di Yogyakarta. (Foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Filosofi budaya Jawa dikenalkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate kepada para delegasi negara anggota G20 yang hadir dalam sidang kedua Digital Economy Working Group atau 2nd DEWG Meeting di Yogyakarta, Selasa (17/5/2022).

Pemahaman ini diperlukan agar peserta memiliki kenangan indah selama berada di Kota Yogyakarta. Dalam pembukaan acara, Menkominfo menjelasan filosofi Jawa Hamemayu Hayuning Bawono, yang memiliki makna setiap manusia dipercayakan memelihara dan menambah keindahan dunia.

"Dengan filosofi ini, saya berharap semua peserta dapat bekerja bahu-membahu untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, terutama melalui teknologi digital," katanya.

Di hadapan 15 delegasi negara G20, Johnny menjelaskan Yogyakarta merupakan kota Kasultanan yang terkenal di Pulau Jawa. Untuk itulah kegiatan 2nd DEWG Meeting dapat memberikan pengalaman berkesan bagi para tamu negara.

”Semoga sidang kedua DEWG G20 itu mampu menghasilkan kesepakatan terbaik, sehingga seluruh delegasi memperoleh kenangan menyenangkan selama di Yogyakarta,”katanya.

2nd DEWG Meeting dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo sekaligus Chair DEWG Mira Tayyiba dan Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan SDM selaku Alternate Chair DEWG Dedy Permadi.

Delegasi dari 15 negara anggota G20 yang hadir di Yogyakarta antara lain Amerika Serikat, Argentina, Australia, Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Turki, dan Uni Eropa.

Sementara delegasi yang hadir secara daring ialah Kanada, Cina, Meksiko, Afrika Selatan dan Rusia. Turut hadir pula delegasi undangan dari Singapura dan Kamboja, serta perwakilan International Telecommunications Union (ITU) dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Artikel ini telah tayang di iNewsYogyakarta, baca selengkapnya di link berikut ini :

https://yogya.inews.id/berita/buka-pertemuan-kedua-anggota-g20-menteri-kominfo-kenalkan-filosofi-budaya-jawa/all

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut