get app
inews
Aa Read Next : Perang Nuklir, Kami Siap Berhadapan Dengan AS! Ujar Kim Jong Un

Korea Utara Kembali Menembakan Rudal Balistik ke Laut Jepang

Sabtu, 07 Mei 2022 | 16:10 WIB
header img
Penampakan salah satu rudal yang diuji coba militer Korea Utara, beberapa waktu lalu. (Foto: Reuters/KCNA)

SEOUL, iNews.id – Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan rudal balistik ke Laut Jepang, di lepas pantai timur negara tersebut, Sabtu (7/5/2022).

Peluncuran rudal oleh Pyongyang itu berlangsung tiga hari sebelum pelantikan presiden terpilih Korea Selatan, Yoon Suk Yeol.

Yoon Suk Yeol sendiri sebelumnya pernah bersumpah akan mengambil sikap keras kepada Korea Utara jika sudah resmi menjalankan pemerintahan di Seoul.

Reuters melansir, militer Korsel mengungkapkan bahwa Korut menembakkan proyektil yang diyakini sebagai rudal balistik yang diluncurkan dengan kapal selam (SLBM).

Rudal itu ditembakkan ke laut lepas pantai timur Korut sekitar pukul 12.07 WIB tadi dari daerah Sinpo, tempat Korut menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji coba SLBM.

Kementerian Pertahanan Jepang lewat Twitter juga mengungkapkan, proyektil itu diduga kuat sebagai rudal balistik.

Lembaga penyiaran publik Jepang, NHK, dengan mengutip sumber-sumber pemerintah, melaporkan bahwa proyektil itu mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

Pada Rabu (4/5/2022) lalu, Korea Utara diketahui juga menembakkan rudal balistik ke laut di lepas pantai timurnya, menurut laporan militer Korsel dan Jepang. Uji coba rudal tersebut menyusul pernyataan Pyongyang yang berjanji untuk mengembangkan kekuatan nuklirnya “secepat mungkin”.

Sementara itu, Amerika Serikat menilai Korut sedang mempersiapkan situs uji coba nuklir Punggye-ri dan bisa saja siap untuk melakukan uji coba di sana pada awal bulan ini.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut