get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Kota di Benua Asia Paling Banyak Miliadernya, Cek 10 Negara Ini

Senin, 18 April 2022 | 05:54 WIB
header img
Kota new york (Foto: iNews.id/Dok. 2020)

NEW YORK, iNewsSidoarjo.id - Negara di Benua Asia ternyata paling menjadi kota dengan miliarder paling banyak di dunia pada tahun lalu.

Namun, pada tahun ini, posisi tersebut bergeser. New York telah mengambil posisinya kembali dengan 107 miliarder berharta lebih dari 640 miliar dolar AS, kota berjuluk Big Apple itu adalah rumah bagi banyak miliarder di dunia.

Ketika New York berkembang pesat, Beijing dan kota-kota China lainnya mengalami kesulitan di tengah tindakan keras pemerintah China terhadap industri di negara itu, mulai dari e-commerce hingga bimbingan belajar.

Hanya Shanghai yang naik satu peringkat ke nomor 5.

Sedangkan Beijing turun ke nomor 2, Shenzhen turun ke posisi 6 dan Hangzhou terlempar dari 10 besar dari posisi 10 tahun sebelumnya.

Kota-kota di China dalam daftar 10 teratas tahun ini telah kehilangan 29 miliarder dan kekayaan sekitar 375,6 miliar dolar AS sejak tahun lalu. Kendati demikian, China memiliki lebih banyak kota di daftar 10 besar dibanding negara lainnya, mengalahkan AS, yang merupakan runner-up dengan New York dan San Francisco.

Sementara itu, Moskow turun dari posisi 4 pada tahun lalu menjadi nomor 7 tahun ini.

Sanksi internasional yang keras dan pasar yang tertutup membuat 34 orang Rusia keluar dari Daftar Miliarder Dunia 2022 versi Forbes, sekitar tiga perempat dari mereka tinggal di Moskow.

Adapun kekayaan kolektif para miliarder yang tinggal di ibu kota Rusia itu sekarang menjadi 214,9 miliar dolar AS, turun dari tahun sebelumnya sebesar 420,6 miliar dolar AS.

Satu dekade lalu, Moskow sempat menduduki puncak daftar kota dengan penduduk miliarder terbanyak di dunia. Meskipun ada pergeseran dalam peringkat, kota-kota tempat para miliarder memilih untuk tinggal sebagian besar sama.

Satu-satunya kota baru yang masuk daftar tahun ini adalah ibu kota Korea Selatan, Seoul yang menggantikan Hangzhou di posisi buncit.

Adapun dari 2.668 miliarder dalam daftar miliarder tahun ini, hampir seperempatnya tinggal di 10 tempat saja. Berikut ini, 10 kota di dunia dengan miliarder terbanyak berdasarkan data 11 Maret 2022, dikutip dari Forbes:

1. New York Jumlah: 107 miliarder Total kekayaan bersih: 640,4 miliar dolar AS Miliarder terkaya: Michael Bloomberg dengan kekayaan 82 miliar dolar AS 2.

Beijing Jumlah: 83 miliarder Total kekayaan bersih: 310 miliar dolar AS Miliarder terkaya: Zhang Yiming dengan kekayaan 50 miliar dolar AS 3. Hong Kong Jumlah: 68 miliarder Total kekayaan bersih: 304,6 miliar dolar AS

 Miliarder terkaya: Lee Shau Kee dengan kekayaan 32,6 miliar dolar AS 4.

London Jumlah: 66 miliarder Total kekayaan bersih: 324,1 miliar dolar AS

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut