get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Jutaan Air Zamzam dan Makanan Dibagikan ke Pengunjung Masjidil Haram

Kamis, 14 April 2022 | 18:25 WIB
header img
Di Sepertiga Ramadhan, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan pada Pengunjung Masjidil Haram. FOTO/Saudi Press Agency. (Ft : istimewa).

RIYADH, iNewsSidoarjo.id- Jutaan liter air Zamzam yang terkemas tiga juta botol sekali pakai dan jutaan makanan dibagikan gratis kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadhan .

Seperti dilaporkan Arab News, botol-botol itu disebar melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid, 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Air Zamzam, yang diambil dari sumur di bawah Masjidil Haram. Sejarawan dan ahli geologi sepakat bahwa sumur Zamzam, yang terletak hanya 20 meter di sebelah timur Ka'bah di Masjidil Haram, mungkin berusia setidaknya 4.000 tahun.

Umat Muslim percaya itu dibangun di atas mata air yang memancar secara ajaib untuk meringankan penderitaan Hajar dan Ismael, istri dan bayi putra Nabi Ibrahim, yang ditinggalkan sendirian di padang pasir atas perintah Allah.

Sahih Al-Bukhari abad ke-9, yang dianggap sebagai kumpulan hadits yang paling otoritatif yang merekam ucapan dan ajaran Nabi Muhammad, menceritakan bagaimana Hajar, yang dengan putus asa mencari air, berlari tujuh kali antara bukit Safa dan Marwa sebelum Malaikat Jibril muncul dan menyebabkan air mengalir dari tanah tandus.

Menurut Pusat Studi dan Penelitian Zamzam Saudi Geological Survey, nama Zamzam “berasal dari frasa Zome Zome, yang berarti ‘berhenti mengalir,’ sebuah perintah yang diulangi oleh Hajar selama upayanya untuk menahan mata air.”

Arab News juga melaporkan, sekitar 1,3 juta makanan buka puasa telah dibagikan kepada pengunjung di Masjid Nabawi di Madinah selama sepertiga pertama Ramadhan. Lebih dari 1,2 juta botol Zamzam dibagikan kepada jamaah di masjid selama periode yang sama.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut