get app
inews
Aa
Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Inovasi Kendaraan Listrik Karya Dosen dan Mahasiswa Universitas Surabaya

Rabu, 06 April 2022 | 20:10 WIB
header img
Foto: MNC Media

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id-Inovasi dua kendaraan listrik karya Dosen dan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) membuat kagum banyak kalangan.

Mereka berhasil merancang sepeda listrik dan sepeda motor listrik yang memiliki kemampuan jarak tempuh yang jauh dengan memanfaatkan baterai kapasitas besar, penggerak pada roda dua, serta kestabilan dalam berkendara di jalanan ekstrem.

Melangsir dari okezone.com Rabu (6/4/2022) Rektor Universitas Surabaya Benny Lianto mengatakan, penyusunan ide, perancangan prototipe hingga realisasi pembuatan kendaraan membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan.

“Dirancang di pusat pengembangan kendaraan listrik atau center for electric vehicles innovation atau cevi ubaya,”ujarnya.

Dia berharap, inovasi kendaraan listrik ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk masyarakat yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, menggantikan kendaraan dengan combustion engine, serta tidak menimbulkan polusi dan mencemarkan lingkungan.

Sepeda listrik atau E-bike two wheel drive yang diberi nama cevi b-one dan sepeda motor listrik atau E-cruiser motorcycle dengan nama cevi m-one ini merupakan hasil rancangan dari mahasiswa, dosen dan laboran dari program studi teknik mesin dan manufaktur Universitas Surabaya (Ubaya).

Sepeda listrik cevi b-one ini memiliki keunggulan terdapat dua penggerak roda. Yakni roda belakang dan roda depan, dengan total 500 watt atau masing-masing 250 watt.

Baterai yang digunakan 24 volt dan 80 ampere dan mampu melaju dengan kecepatan maksimal 30 kilometer per jam. Sedangkan pada sepeda motor listrik cevi m-one merupakan motor jelajah memiliki tenaga yang besar dan kemampuan jarak tempuh yang jauh. Serta mampu melaju hingga 70 kilometer per jam.

Memiliki motor penggerak dua ribu watt, dengan baterai 70 volt dan 80 ampere.iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut