get app
inews
Aa
Read Next : Pasukan Ukraina yang Ada di Dalam Pabrik Minta Tolong

Ini Teknologi Informasi yang Tidak Dipengaruhi Modernisasi

Rabu, 06 April 2022 | 08:00 WIB
header img
Teknologi informasi yang tidak dipengaruhi modernisasi (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id – Hingga saat ini teknologi informasi yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman  masih digunakan karena memiliki nilai fungsi cukup tinggi dan tak tergantikan oleh lainnya.

Padahal, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini terjadi begitu cepat. Mayoritas penduduk bumi telah beralih menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang lebih modern. 

Teknologi informasi  yang tidak dipengaruhi modernisasi masih digunakan hingga saat ini karena alasan mempertahankan adat isitiadat di suatu tempat atau wilayah.

Namun, sudah tahukah Anda contoh teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dipengaruhi oleh modernisasi? Simak ulasan berikut ini.

Dilansir dari laman resmi Kominfo RI, teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media.

Sedangkan modernisasi adalah proses terjadinya perubahan dari kehidupan tradisional ke kehidupan yang lebih maju dalam berbagai aspek, seperti sosial, ekonomi, dan politik.

Jika merujuk pada zaman sekarang, contoh dari teknologi informasi dan komunikasi yang dipengaruhi oleh modernisasi adalah komputer, internet, smartphone, Wi-Fi, modem, dan lain sebagainya.

Melalui internet, seseorang dapat bertukar informasi dengan sangat cepat atau melakukan komunikasi dua arah dengan lebih mudah.

Melalui internet pula, teknologi informasi dan komunikasi tradisional seperti koran sudah mulai ditinggalkan.
Lalu, bagaimana cara manusia melakukan penyebaran informasi sebelum komputer dan internet  populer digunakan di Indonesia seperti sekarang? Tentu saja teknologi informasi dan komunikasi tradisional masih banyak digunakan saat itu.

Pada masa lampau, kentongan banyak digunakan untuk menyebarkan berita seperti adanya mara bahaya, membangunkan orang-orang untuk sahur, atau meminta warga di suatu tempat untuk berkumpul. 

Selain kentongan, sirine dan lonceng juga digunakan saat itu untuk menyampaikan informasi tertentu, seperti membangunkan orang-orang untuk melaksanakan sahur di bulan Ramadan.

Bedug yang biasa kita temukan di masjid untuk ditabuh sebelum adzan sebagai pengingat waktu salat juga bisa dianggap sebagai teknologi informasi dan komunikasi yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman.

Maka dari itu, kentongan, sirine, lonceng, dan bedug adalah beberapa contoh teknologi informasi yang tidak dipengaruhi modernisasi dan masih digunakan hingga saat ini di beberapa wilayah di Indonesia.iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut