get app
inews
Aa
Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Pulihkan Aset Pasar Turi, KPK, Kejaksaan dan Pemkot Surabaya Berkolaborasi

Rabu, 30 Maret 2022 | 17:55 WIB
header img
Acara soft opening Pasar Turi Baru bersama Pemkot Surabaya, KPK, Kejari Surabaya dan Forkopimda setempat.

SURABAYA, iNews.id-Upaya penyelamatan aset daerah yaitu Pasar Turi di Kota Surabaya, Jawa Timur akhirnya membuahkan hasil. Keberhasilan itu berkat kolaborasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama dengan Pemerintah Kota Surabaya dan Kejaksaan Negeri Surabaya pelaku Jaksa Pengacara Negara. Rabu (30/3/2022), aset daerah senilai Rp1,56 triliun itu bisa dibuka kembali untuk masyarakat umum.

Para pedagang pun bisa kembali membuka toko dan lapaknya. KPK bersama Kejaksaan Negeri Surabaya melakukan supervisi penyelesaian sengketa antara Pemkot Surabaya dengan investor yang juga pengelola Pasar Turi, PT Gala Bumiperkasa, selama 3 tahun terakhir.

Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Bahtiar Ujang Purnama mengatakan, upaya pemulihan fungsi Pasar Turi berjalan sesuai jadwal yang direncanakan dan bisa segera dimanfaatkan.

“Kami senang, upaya pendampingan KPK bisa bermanfaat untuk mengotipmalkan kontribusi Pasar Turi terhadap perekonomian Kota Surabaya. Karena metode pemberantasan korupsi itu salah satunya adalah Pencegahan, melalui pemulihan aset milik daerah ataupun aset negara," kata Bahtiar ketika acara Soft Opening Pasar Turi Baru dari rilis KPK RI yang diterima Sidoarjo.iNews.id

Bahtiar menjelaskan, jika ada pihak yang merasa bingung dengan keberadaan KPK di pembukaan Pasar Turi Baru, ini adalah bukti kerja KPK dalam upaya pencegahan korupsi.

"KPK tidak hanya penindakan dengan OTT dan menghukum koruptor. Kegiatan yang kami lakukan di Pasar Turi ini sifatnya soft, kita dampingi Pemkot Surabaya, berkoordinasi dengan Kejaksaan dan Forkopimda. Karena kalau Pasar Turi mati, Pemkot Surabaya kehilangan sebagian pendapatannya," jelas Bahtiar.

KPK juga mengapresiasi Pemkot Surabaya dan investor Pasar Turi yang mau membangun komunikasi, sehingga Pasar Turi bisa beroperasi kembali. Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih kepada KPK, karena terus memberi pengarahan sejak 2019.

Sehingga aset pemkot tersebut bisa dibuka kembali. Eri juga mengajak masyarakat dan para pedagang untuk meramaikan kembali Pasar Turi.

"Ayo kita tumbuhkan kembali Pasar Turi ini, ayo kita bangkitkan lagi Pasar Turi ini, sebagai pusat kulakan di Indonesia Timur seperti masa kejayaannya dulu," ujar Eri.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut