get app
inews
Aa Read Next : Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSUD Dr. Soetomo, Satu Bayi Meninggal

Perdana, 129,76 Ton Pupuk Asal Kotoran Kelalawar di Jatim Diekspor ke Australia

Rabu, 30 Maret 2022 | 16:28 WIB
header img
Petugas menunjukan pupuk asal kotoran kelalawar atau bat guano yang di ekspor ke Benua Hijau, Australia. (Ft : istimewa).

Sementara pupuk guano adalah jenis pupuk organik yang dihasilkan dari kotoran kelelawar, burung laut dan anjing laut yang sudah mengendap lama di dalam gua.

Pupuk guano dapat meningkatkan produktivitas tanah yang kekurangan unsur hara sehingga menjadi kebutuhan beberapa negara lain. Bahan baku pupuk ini dipanen di daerah Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Papua, sebagian Sumatra, Madura dan Nusa Tenggara. Sementara Jawa Timur merupakan salah satu daerah pengolah terbesar di Indonesia.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih menjelaskan, berdasarkan data lalu lintas komoditas pertanian, IQFAST diwilayah kerjanya tercatat 20 ton pupuk guano berhasil diekspor ke Amerika Serikat pada tahun 2021.

Untuk tujuan Australia, ini merupakan ekspor perdana dari Jawa Timur di tahun 2022. Cicik juga menyebutkan bahwa selama kurun waktu Januari hingga Maret 2022, volume ekspor pupuk guano meningkat menjadi 152,76 ton.

Negara tujuannya juga bertambah, yakni Amerika Serikat dan Australia. Hal ini merupakan wujud komitmen Karantina Pertanian Surabaya dalam mendukung program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut