get app
inews
Aa Read Next : Gempa Hebat Magnitudo 7,2, Berpotensi Tsunami! Guncang Kamchatka Rusia

Sirine Udara tanda Bahaya Berbunyi di Kota Lviv, Ada apa ?

Minggu, 27 Maret 2022 | 15:44 WIB
header img
Asap hitam terlihat membumbung ke langit setelah Rusia melancarkan serangan ke kota Lviv, Ukraina. Foto/CNN

LVIV - Sirene udara yang relatif mengganggu kedamaian meraung-raung di kota Lviv sekitar pukul 16:30 waktu setempat setelah beberapa hari yang tenang di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, Sejak pecahnya perang di Ukraina , banyak orang menjuluki Lviv di barat negara itu sebagai "kota aman", sehingga serangan udara pertama Rusia di dalam batas kota telah membuat banyak orang terguncang.

Awalnya hanya sedikit orang di stasiun kereta api kota yang sibuk menanggapi alarm dengan serius, dengan sebagian besar memilih untuk menunggu kereta mereka daripada mencari perlindungan.

Tetapi dalam beberapa menit, para pejabat mulai berlari ke peron dan dengan panik menyuruh orang banyak untuk pindah ke tempat yang lebih aman. Ada banyak alarm peringatan serangan udara di kota ini selama sebulan terakhir. Tapi itu tidak lama sebelum mereka merasakan yang kali ini berbeda.

Dengan cepat lorong bawah tanah di stasiun dipenuhi ratusan orang, banyak yang menggulir aplikasi media sosial di ponsel mereka, mati-matian berusaha mencari tahu apa yang terjadi. Saat ini, asap hitam tebal dapat terlihat di seluruh kota, dekat dengan menara telekomunikasi utama kota, sementara militer dan polisi berpatroli di jalan-jalan.

Melangsir sindonews.com Minggu, (27/3/2022), menurut Gubernur regional Maksym Kozytskyy rudal Rusia telah menghantam depot minyak dan fasilitas pertahanan di bagian pemukiman kota, menyebabkan korban cedera dan kerusakan besar pada infrastruktur. "Tetap di tempat penampungan! Jangan keluar ke jalan!," Kozytskyy memperingatkan warga seperti dikutip dari ABC.net.au, Minggu (27/3/2022).

Meskipun telah terjadi serangan mematikan terhadap fasilitas militer sekitar 50 kilometer dari kota pada awal bulan ini, penduduk di Lviv belum pernah melihat hal seperti ini sejak perang dimulai.

Liliia Torchylo merasa nyaman di kota itu setelah pindah dari kota lain yang kecil di Ukraina tengah. "Kami berada di kota yang aman dan kami mencintai Ukraina. Kami ingin tinggal," katanya beberapa menit sebelum sirene berbunyi. Saat alarm berbunyi, suaminya mempertanyakan keputusan mereka untuk tinggal di Ukraina bersama putra mereka yang masih kecil. "Saya akan terus mengkhawatirkan mereka sekarang," katanya kepada ABC.net.au.

Lviv telah menjadi tempat yang aman bagi ribuan orang. Mereka tiba di kota yang mereka harapkan akan menawarkan keselamatan dan keselamatan hanya untuk dibawa ke tempat perlindungan bawah tanah saat keadaan darurat terjadi di sekitar mereka.

Serangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Menteri Pertahanan Rusia menyatakan tentara negara itu sekarang akan fokus di wilayah Donbas, di timur Ukraina. Lviv lebih dekat ke Krakow daripada Kiev, terletak di ujung barat negara itu hanya 70 kilometer dari perbatasan ke Polandia — negara anggota NATO. iNewsSidoarjo.id

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Minggu, 27 Maret 2022 - 09:41 WIB oleh Berlianto dengan judul "Kota Teraman di Ukraina Jadi Target Baru Serangan Rusia | Halaman 3.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut