get app
inews
Aa Read Next : Budidaya dan Olahan Lidah Buaya, Jadi Produk Komoditi Baru KKN Stie Pemuda di Sidoarjo

Kisah Alan Effendi, Transformasi Lidah Buaya Menjadi Peluang Ekonomi di Gunung Kidul

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 23:31 WIB
header img
Alan Effendi saat menunjukan produknya. (Foto:ist)

Tak sekedar minuman, Alan mengkombinasikan aloe vera dengan daun stevia, pemanis alami nol kalori, yang sangat cocok untuk penderita diabetes dan kolesterol. "Inovasi ini bukan hanya sekadar produk, tetapi solusi kesehatan bagi banyak orang," tambahnya.

Kombinasi lidah buaya dan stevia menjadi formula andalan yang kini digandrungi masyarakat luas. Namun, yang paling menonjol adalah dampaknya pada warga sekitar. Di tengah kondisi ekonomi yang kerap tak menentu, terutama bagi ibu-ibu petani yang tadinya hanya bekerja serabutan, kini mereka memiliki pekerjaan tetap di bidang budidaya aloe vera.

"Dulu mereka kesulitan mencari nafkah di musim kemarau. Sekarang, mereka punya penghasilan rutin," cerita Alan. Dengan 102 petani mitra yang rutin memasok bahan baku ke usahanya, Alan telah menciptakan jaringan pemberdayaan yang kuat di desanya.

Tak hanya itu, usaha ini juga memberikan harapan baru bagi warga yang semula tak memiliki keterampilan bertani. "Banyak yang dulunya tidak mengerti bertani, sekarang jadi belajar dan akhirnya memiliki keterampilan baru," jelas Alan.

Masih menurut Alan, usaha ini tak hanya berfokus pada keuntungan pribadi, tetapi juga membangun ketahanan masyarakat terhadap dampak buruk kekeringan. “Inovasi sederhana, jika dikelola dengan baik, dapat menjadi solusi nyata bagi permasalahan ekonomi dan sosial yang dihadapi masyarakat,” tandasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut