get app
inews
Aa Read Next : Ledakan Misterius di Warung Klontong Sukodono Gegerkan Warga

Harga Terjangkau, Menu Ayam Adun Jadi Favorit Pecinta Kuliner di Sidoarjo

Rabu, 18 September 2024 | 21:09 WIB
header img
Kuliner Ayam Adun yang menggugah selera. Rabu, (18/9/2024).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id–Terletak di pinggir area persawahan, di Desa Krembung, Kecamatan Krembung, Jawa Timur terdapat warung makan sederhana yang menyimpan rahasia kelezatan yang menggugah selera. Sejak bukan awal pertengahan Agustus lalu, warung ini tak pernah sepi pengunjung, semua berkat sajian istimewa bernama Ayam Adun yang merupakan makanan khas Madura.

Uswatun Hasanah, pemilik warung, menceritakan bahwa ide berjualan Ayam Adun berawal dari kebiasaan keluarga.

"Dulu, Ayam Adun ini sering dibuat di rumah untuk keluarga. Suami yang mengenalkan masakan ini, rasanya enak dan berbeda dari yang lainnya. Kemudian saya coba jual dan ternyata banyak yang suka," ujarnya. Rabu, (18/9/2024).

Proses pembuatannya yang terbilang sederhana justru menghasilkan cita rasa yang luar biasa. Ayam kampung pilihan dipanggang setengah matang, kemudian dimasak bersama santan kental dan bumbu halus yang terdiri dari beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, ketumbar, cengkeh, kayu manis, dan jinten.

Perpaduan sempurna antara rempah-rempah inilah yang menciptakan aroma dan rasa yang khas masakan Ayam Adun dan berhasil memikat lidah para penikmat kuliner.

“Alhamdulilah, dalam satu hari bisa menghabiskan 10 hingga 150 porsi. Bahkan, jika libur akhir lekan bisa mencapai 200 porsi per harinya,” terang Uus.

Uniknya, Ayam Adun disajikan dengan nasi yang dibentuk kerucut dan dibungkus daun pisang, memberikan sentuhan tradisional yang semakin menggugah selera. Ditambah dengan sambal korek yang pedas, menjadikan hidangan ini semakin lengkap.

“Tidak saja menunya, penyajiannya pun juga khas seperti penyajian di kampung. Sehingga pembeli dapat merasakan nuasa di kampung halaman,” tutur Uus.

Kepopuleran Ayam Adun juga diungkapkan para pecinta kuliner. Aziz, salah satu pelanggan setia, mengaku sangat menyukai cita rasa otentik Ayam Adun.

"Rasanya seperti makan di kampung, bumbu rempahnya pas banget. Daging ayamnya pun juga empuk tidak alot,” ungkapnya.

Tak hanya rasanya, harga per porsi yang hanya Rp20 ribu, menjadikan menu ini sebagai pilihan para pecinta kuliner untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Harga yang terjakau, dengan panorama pedesaan, paslah buat mengisi waktu santai bersama keluarga saya,” tandas Aziz.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut