get app
inews
Aa Read Next : AMM Sukodono Pererat Sinergitas melalui Audiensi, Ini yang Dibahas

Gempa Hebat Magnitudo 7,2, Berpotensi Tsunami! Guncang Kamchatka Rusia

Minggu, 18 Agustus 2024 | 15:54 WIB
header img

KAMCHATKA, iNewsSidoarjo.id - Gempa bumi hebat dengan magnitudo 7,2 mengguncang Pasifik di lepas pantai timur jauh Rusia, dekat pangkalan angkatan laut utama, pada Minggu pagi (18/8/2024) dilansir dari iNewsPurwokerto.id.

Menurut Arabnews, gempa ini memicu peringatan tsunami yang kemudian dicabut. Hingga kini, belum ada laporan awal mengenai kerusakan atau korban jiwa.

Diketahui jika gempa tersebut terjadi pada kedalaman 18 mil (29 kilometer) di bawah permukaan, dengan pusat gempa terletak sekitar 63 mil (102 kilometer) di timur Petropavlovsk-Kamchatsky, menurut Survei Geologi AS.

Adapun Petropavlovsk-Kamchatsky adalah kota pelabuhan dengan populasi lebih dari 181.000 orang, dikelilingi oleh gunung berapi, dan terletak di seberang teluk dari pangkalan kapal selam penting Rusia.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang dikelola oleh Badan Cuaca Nasional AS di Honolulu awalnya memperingatkan adanya kemungkinan gelombang tsunami yang berbahaya di pantai-pantai dalam radius 300 mil (480 kilometer) dari pusat gempa.

Namun, mereka kemudian mengumumkan bahwa ancaman tersebut telah berakhir.

Pusat tersebut menambahkan bahwa mungkin terjadi fluktuasi kecil pada permukaan laut di beberapa wilayah pesisir dekat lokasi gempa selama beberapa jam. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut