get app
inews
Aa Read Next : Barang Impor Pekerja Imigran Indonesia Menumpuk di Pelabuhan Tanjung Perak

Karantina Jawa Timur Gagalkan Ratusan Reptil dalam Koper, Terdapat 111 Kura-kura Moncong Babi

Selasa, 09 Januari 2024 | 15:39 WIB
header img
Pejabat Karantina Jawa Timur Satuan Pelayanan Tanjung Perak gagalkan upaya penyelundukan ratusan satwa. Senin, (1/1/2024).

SURABAYA, iNews.id-Pejabat Karantina Jawa Timur Satuan Pelayanan Tanjung Perak, menemukan 4 koper berisi aneka reptil di dalam kapal KM Nggapulu saat pengawasan. Hewan tersebut terdiri dari 8 ekor kadal papua alias bengkarung lidah biru, 111 ekor kura-kura moncong babi, 50 ekor ular sanca hijau, 2 ekor ular sanca air dan 7 ekor biawak.

Ratusan reptil tersebut diamankan pejabat karantina saat sandar di pelabuhan Tanjung Perak, senin (1/1) lalu.

"Dari lima jenis reptil yang kita amankan, terdapat dua jenis reptil yang dilindungi yaitu ular sanca hijau dan kura-kura moncong babi. Semuanya tanpa dilengkapi dokumen karantina," ujar pejabat Karantina Jawa Timur Satpel Tanjung Perak, Tri Endah. Selasa, (9/1/2024).

Tri menjelaskan bahwa sebagian reptil ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. Hal ini karena cara angkutnya tidak memperhatikan prinsip animal welfare. Sebagian reptil tersebut dimasukkan ke dalam botol air mineral yang diberi lubang angin. Sebagian lainnya dibiarkan berserakan di dalam koper.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut