get app
inews
Aa Read Next : Pesawat TNI AU Dikabarkan Jatuh di Pasuruan, Belum Ada Laporan Jumlah Korban

Jadi Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman, ini Kisah Inspiratif Penerbang Wanita TNI AU

Senin, 01 Januari 2024 | 14:45 WIB
header img
Kisah Inspiratif Penerbang Wanita TNI AU Jabat Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman (Foto: Dok TNI AU)

SEMARANG, iNewsSidoarjo.id - Kisah inspiratif kali ini datang dari penerbang wanita TNI Angkatan Udara (AU). Mayor Pnb Sekti Ambarwaty lahir di Malang itu pun jabatannya tak main-main yakni Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman.

Tak hanya sosok Mayor Pnb Sekti Ambarwaty, ada juga sosok penerbang wanita lainnya bernama Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri yang menjabat Danlanud Sukani Majalengka Jawa Barat.

Dilansir dari INews.id melalui akun Instagram remsi TNI AU, diceritakan bagaimana perjalanan Mayor Pnb Sekti Ambarwaty dan rekannya. Kisah berawal Tahun 2003 ketika keduanya mendaftar dan diterima sebagai Bintara Wara, dimana dua tahun kemudian tepatnya tahun 2005 ketika TNI Angkatan Udara (TNI AU) membuka pendidikan seleksi penerbang bagi Wara.

Kedua personel Wara yang saat itu berpangkat sersan dua mengikuti seleksi dan berhasil lulus, sehingga berhak mengikuti pendidikan penerbang PSDP selama lebih kurang 2 tahun.

Pada tahun 2007 mereka berhasil dilantik menjadi letnan dua penerbang. Adapun keberhasilan Mayor Ambarwati dan Mayor Fariana, membuktikan bahwa di jajaran TNI AU kaum wanita juga diberi kesempatan menjadi penerbang atau korps lain serta diperlakukan secara setara dan profesional.

Mereka telah menjadi inspirasi bagi generasi Wara berikutnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia, khususnya sebagai penerbang. Kedua Wara tersebut juga telah menjadi simbol kesetaraan gender di TNI AU.

Setelah 16 tahun berlalu, kini kedua penerbang wara tersebut sudah menjadi perwira menengah. Mayor Pnb Sekti Ambarwaty lahir di Malang, Jawa Timur, pada Tahun 1983 bergabung dengan TNI AU melalui pendidikan Sekolah Pertama Bintara (Semaba) pada Tahun 2003 dengan kejurus M/C (Messing/Catering).

Selesai bertugas Ambar mengikuti test untuk melanjutkan pendidikan sekolah penerbang PSDP Angkatan 73 Tahun 2005 di Lanud Adisutjipto dan akhirnya dilantik menjadi letnan dua penerbang pada tahun 2007.

Selanjutnya penempatan pertamanya sebagai penerbang pesawat CN-235 di di Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma. Saat ini sebagai lulusan seskoau Angkatan 59 Tahun 2022, Mayor Pnb Sekti Ambarwaty menjabat sebagai Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah sejak dilantik oleh Pangkoopsud 2 tanggal 6 November 2023.

Sementara itu rekannya Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri lahir di Pariaman Sumatera Barat, pada Tahun 1982. Untuk pertama kali bergabung dengan TNI AU setelah lulus dari pendidikan Sekolah Pertama Bintara (Semaba) pada tahun 2003 dengan kejuruan Keuangan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut