get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Kirim Bantuan Logistik untuk Korban Gempa, TNI AU Kerahkan 2 Pesawat ke Turki

Jum'at, 10 Februari 2023 | 14:01 WIB
header img
KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo (foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan dua pesawat ke Turki. Pesawat itu akan membawa bantuan logistik untuk para korban gempa.

Melangsir dari iNews.id Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo mengungkapkan bantuan logistik tersebut saat ini sedang dipersiapkan di Lanud Halim Perdanakusuma, sebelum dikirim Sabtu (11/2/2023) besok.

"TNI AU mendukung pemerintah untuk mengirim bantuan ke negara sahabat Turki yang akan dilaksanakan besok, akan diberangkatkan satu pesawat Boeing 737 dan satu pesawat Hercules C130," ujar Marsekal Fadjar di sela Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2023, Jumat (10/2/2023).

Fadjar menjelaska bantuan logistik tersebut dikumpulkan oleh BNPB. TNI AU hanya membantu mendistribusikannya ke Turki.

"Bantuan yang mengkoordinir BNPB. Kita akan membantu mengirimkannya," kata Fadjar. Sebelumnya, pengiriman bantuan logistik kepada korban gempa Turki sempat disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Bantuan yang akan dikirim berupa Medium Urban SAR (MUSAR) serta peralatannya, lalu tim dan bantuan medis yang diperlukan.

"Pemerintah Indonesia juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Turki terkait bantuan tahap selanjutnya yang akan kita berikan sesuai dengan kebutuhan yang sama," kata Retno, Kamis (9/2/2023). iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut