get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jatim Sebut Murni Kecelakaan, Ledakan Mako Brimob Rusak Kantor dan Mobil

LSBO PWM Jatim Gelar Gebyar Budaya Muhammadiyah, Dakwah Lewat Media Seni

Minggu, 24 Desember 2023 | 15:23 WIB
header img
Sambutan ketua LSBO PWM Jatim Wigatiningsih saat membuka puncak gebyar seni di Balai Pemuda Surabaya. Sabtu, (23/12/2023) malam.

SURABAYA, iNews.id - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) menggelar Gebyar Budaya Muhammadiyah di Balai Pemuda Surabaya, Sabtu (23/12/2023) malam.

Acara ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa berdakwah bisa dilakukan lewat media seni.

Ketua LSBO PWM Jatim, Wigatiningsih, mengatakan bahwa budaya bisa digunakan sebagai media dakwah yang efektif. Hal ini karena budaya sarat makna dan bisa menginspirasi serta mendidik masyarakat.

“Kehidupan ini ditujukan untuk ibadah dan media dakwah itu banyak, termasuk dalam karya seni dan budaya. Inilah yang kita tunjukkan, semua peserta dan karya seni di sini nuansa dan temanya religi, Islami,” ungkap Wigatiningsih.

Rangkaian Gebyar Budaya Muhammadiyah digelar mulai pukul 09.00-22.00 WIB. Melibatkan ratusan seniman Jawa Timur, acara ini menampilkan berbagai macam seni dan budaya, di antaranya: Pembacaan puisi, Tari remo, Reog Ponorogo, Pameran lukisan karya perupa Muhammadiyah Jatim, Pertunjukan Liang Leong, Drama kolosal, dan Bakso gratis untuk 1.000 porsi.

Ketua PWM Jatim, Sukadiono, mengatakan bahwa acara ini merupakan apresiasi sekaligus penghargaan Muhammadiyah Jatim bagi karya seni dan budaya.

“Ini rangkaian dari Milad ke-111 Muhammadiyah dan ini baru pertama digelar di Jawa Timur. Karena baru pertama, maka kalau ada kekurangan ke depannya akan kita perbaiki,” ujar Sukadiono.

Pihaknya mengaku mendukung acara ini, selama karya seni dan budaya yang ditampilkan tidak menimbulkan kerusakan, kemaksiatan dan bahaya.

“Karena menampilkan karya seni religi dan Islami, maka kami dukung. Ini sekaligus pembuktian Muhammadiyah peduli terhadap seni dan budaya karena selama ini Muhammadiyah terkesan kering, tidak mendukung karya seni dan rencananya akan kita agendakan setiap tahun,” tutup Sukadiono.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut