get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Unesa Prodi Gizi Gelar KKN di Desa Semambung, Ini yang Dilakukan

Gelaran Asmaradhana Fashion Show Kenalkan Busana Pengantin Jawa Timuran

Selasa, 05 Desember 2023 | 15:06 WIB
header img
Pagelar Asmaradhana Fashion Show di Food Society Pakuwon Mall Surabaya, Senin (4/12/2023) malam.

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 69 mahasiswa Unesa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya menggelar Asmaradhana Fashion Show di Food Society Pakuwon Mall Surabaya, Senin (4/12/2023) malam.

Kegiatan Fashion dibuka langsung oleh Dekan Universitas Negeri Surabaya, Dr. Maspiyah, M.Kes.

Desainer Dr.Sn. Inty Nahari. S.Pd., M.Ds. menuturkan, Asmaradhana merupakan tema acara Fashion Show Busana Pengantin Jawa Timur-an yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Unesa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.

"Selain itu, Asmaradhana merupakan tembang yang diambil dari kata “Asmoro” yang berarti asmara dan cinta, kata “Dhana” memiliki arti api yang menyala, jika digabung asmaradhana memiliki arti api cinta atau api asmara yang menyala," tuturnya.

Menurutnya, berbagai Busana Pengantin yang ada di Jawa Timur yang telah dimodifikasi akan ditampilkan koleksi busana pengantin pria dan wanita, dengan total 16 pasangan busana pengantin yang telah dirancang oleh 69 Desainer.

"Mata kuliah pilihan yang diprogram salah satunya Busana Pengantin. Ini mengangkat Busana pengantin dari 12 Kota dan Kabupaten dari Jawa Timur. Semua mahasiswa bebas memilih dari daerah masing-masing. Untuk busana pengantin ini, mahasiswa harus tahu mana yang Pakem dan mana yang dikembangkan. Seperti gambar batik atau ukiran dari Busana itu pakem yang tidak boleh dirubah. Jadi yang dibakukan atau pakem 30 persen, yang dikembangkan sejumlah 70 persen," ungkapnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut