get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Sungai Avur di Sidoarjo Keluarkan Bau Busuk, Air Berubah Hitam hingga Banyak Ikan Mati

Rabu, 22 November 2023 | 21:50 WIB
header img
Kondisi sungai avur tepatnya di kawasan Desa Wonokasian hingga Desa Mojorangagung, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo keluarkan bau busuk, air berubah hitam hingga banyak ikan mati. (Foto : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Sungai avur tepatnya di kawasan Desa Wonokasian hingga Desa Mojorangagung, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo keluarkan bau busuk, air berubah hitam hingga banyak ikan mati.

Kondisi air sungai avur jurusan Kali Pucang di Kabupaten Sidoarjo itu sudah tiga hari ini. Entah apa penyebab kondisi air sungai hingga seperti itu.

Abinajah, warga Desa Mojorangagung mengatakan, kondisi air sungai berubah aroma busuk hingga berwarna hitam itu sejak Senin (20/11/2023) lalu hingga saat ini.

"Mulai hitam sejak Senin. Nah hari Selasa kemarin ikannya banyak yang mabok (Munggut- jawa red) di aliran sungai," katanya kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

 

Abinajah menjelaskan, fenomena ikan mati dan membusuk di sungai ini memang sering terjadi. "Sering mas seperti ini. Tiba-tiba warna airnya berubah menjadi hitam dan ikan di dalam sungai gelimpangan," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Samsul, warga setempat. Ia mengaku kondisi air yang nampak berwarna hitam dan bau tidak sedap serta ikan yang mati itu menduga kondisi tersebut akibat dari limbah perusahaan.

"Sepertinya ini limbah tapi dimana pabriknya tidak tau," ungkap Samsul.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut