get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Laris Manis di Indonesia, ini 40 Produk Israel yang Diboikot Dunia

Rabu, 22 November 2023 | 11:30 WIB
header img
Ilustrasi untuk produk Israel yang diboikot dunia (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Setidaknya ada 40 produk Israel yang diboikot dunia sehingga penting diketahui. Seruan boikot terhadap produk Israel dan produk yang terafiliasi dengan negara Yahudi tersebut kian merebak.

Hal ini menjadi salah satu sanksi sosial atas serangan Israel terhadap Palestina yang kini telah menewaskan belasan ribu korban jiwa. Dimana hampir setengah di antaranya adalah wanita dan anak-anak.

Sementara itu, beberapa waktu belakangan masyarakat dihebohkan dengan fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina. Selaras dengan keluarnya fatwa tersebut juga tersebar daftar produk-produk Israel di media sosial.

Mengenai hal tersebut, MUI pun memberikan tanggapan melalui keterangan tertulis mengenai daftar produk yang beredar luas di media sosial.

Melalui Sekretaris Komisi Fatwa MUI Miftahul Huda, ia menegaskan bahwa MUI tidak pernah merilis produk-produk tersebut dan yang diharamkan bukanlah produknya, melainkan aktivitas dukungannya.

“Jadi, MUI tidak berkompeten untuk merilis produk Israel, atau yang terafiliasi ke Israel. Dan yang kami haramkan bukan produknya, tapi aktivitas dukungannya,” kata Miftahul Huda dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (22/11/2023).

Bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang marah terhadap tragedi kemanusiaan tersebut, namun juga masyarakat dunia secara luas. Oleh karena itu, setidaknya ada 40 produk Israel yang diboikot oleh masyarakat dunia.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut