get app
inews
Aa Read Next : Bukan Soal Agama, Mahalini Ungkap Beban Terberat sebelum Nikah dengan Rizky Febian,

Dalang Cilik Satria Bima Sakti, Inspirasi Generasi Muda Lestarikan Wayang Kulit

Rabu, 08 November 2023 | 18:15 WIB
header img
Satria Bima Sakti dalang cilik asal SMP Muhammadiyah 1 Taman. Rabu (8/11/2023).

SIDOARJO, iNews.id - Kesenian wayang kulit di era digital hampir menjadi kesenian yang jarang diminati oleh generasi muda terutama millenial. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Satria Bima Sakti, siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah 2 Taman yang justru memilih menekuni hobinya yakni menjadi seorang dalang wayang kulit.

Berawal dari kegemarannya menyaksikan pertunjukan video (alm) Ki Seno Nugroho dan (alm) Manteb Sudarsono melalui YouTube, hingga menginspirasinya untuk menekuni kesenian dalang di era gempuran digital.

"Awal Mei 2023 saya hanya iseng lihat YouTube dan tik tok wayang, kok lucu akhirnya saya gemar melihat video wayang dari (alm) Ki Seno Nugroho dan (alm) Manteb Sudarsono dengan ciri khas masing - masing dalang dalam memainkan peran," jelasnya. Rabu (8/11/2023).

Selain karakter pewayangan, Satria mengaku jika banyak tokoh - tokoh dalam pewayangan mahir ia tirukan mulai dari suara, gerakan, peran hingga ketukan geprakannya. Tentunya masih perlu banyak belajar lagi dan ia juga mengaku jika ada kursus dalang, pasti akan diikutinya.

"Tokoh favorit saya adalah Krisna, karena sosoknya adalah penasehat para tokoh yang sangat bijaksana. Cita - cita saya memang menjadi dalang dan kayaknya bakalan seru kalo bisa memainkan pertunjukan wayang dilayar kaca dan ditonton anak - anak millenial agar budaya asli Jawa tidak hilang," imbuhnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut