get app
inews
Aa Read Next : Oknum Kepala Desa Ditangkap Atas Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa

SMPN 1 Sedati Raih 180 Trofi dan Sertifikat, Miliki 23 Program Ekskul

Rabu, 08 November 2023 | 00:33 WIB
header img
Kepala SMPN 1 Sedati Ratna Diyah Mustikawati M.Pd saat bersama Peraih juara dua lomba sain internasional Nathania Diandra Putri, Selasa (7/11/2023) (Yoyok Agusta/iNews)

SIDOARJO, iNews.id-Sebanyak 180 trofi dan sertifikat diperoleh SMP Negeri 1 Sedati. Prestasi itu didapat sekolah yang berada di kawasan perumahan TNI AL, selama kurun waktu Januari hingga Oktober 2023.

Ajang bergengsi perlombaan yang diikuti pelajar dari SMPN 1 Sedati mulai dari olah raga, kesenian hingga sain. Bahkan, tropi tersebut diperoleh tidak saja di tingkat provinsi saja, melainkan kancah nasional dan internasional.

Salah satunya adalah Nathania Diandra Putri, siswi kelas tujuh ini menyabet juara dua lomba Indonesia Inventors Day, yang digelar di Bali beberapa waktu lalu. Lomba sain ini diikuti puluhan peserta dari berbagai negara.

Dengan membuat riset cara membuat "media untuk kembang tumbuh bakteri", Nathania sukses menyingkirkan para pesaingnya.

Nathania mengaku tidak menyangka, dirinya dapat meraih juar 2 dalam lomba yang digelar secara virtual itu.

"Kaget saja bisa juara, soalnya pesaing-pesaingnya dari luar negeri dan peserta dari sekolah bergengsi didalam negeri," ujar Nathania. Selasa (7/11/2023).

Berbeda dengan Azzahra Putriandi Navalya Ramadhani, siswa kelas sembilan ini menyabet prestasi Komandan Pleton (Danton) terbaik diajang LKPBB Pandawa, yang digelar pada 4 juni 2023 lalu.

Azzahra mengaku senang dan bangga bisa membawa nama baik sekolah dilomba tingkat provinsi. Ia bertekad akan terus mengasah kemampuannya agar terus berkembang.

"Senang dan bangga bisa menjadi danton terbaik. Ke depan saya ingin menjadi Danton Paskibra tingkat nasional dan bisa mengibarkan sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SPM Negeri 1 Sedati Ratna Diyah Mustikawati M.Pd mengatakan dengan adanya anak didik yang berprestasi, pihaknya mendukung dan selalu memberikan apresiasi positif bagi mereka. Bahkan, mereka mengumumkan nama siswa tersebut setiap kegiatan upacara bendera hari senin.

Tak hanya itu, pihak sekolah juga memberikan sertifikat, mempublikasikan melalui media sosial.

"Alhamdulilah, banyak anak didik kami yang telah menjuarai berbagai perlombaan tingkat provinsi hingga Internasional. Sebagai bentuk apresiasi sekolah, kami selalu mengumumkan saat upacara berlangsung dan mempublikasikannya," jelas Ratna.

"Ini kita lakukan untuk menginspirasi siswa lain agar bisa meneladani pelajar yang berprestasi di bidang akademik maupun ekskul," imbuh Ratna.

Dengan berbagai program yang telah di jalankan selama ini, lanjut Ratna, akan terus menumbuhkan semangat kreatifitas anak didik agar terus berkembang, dan menjadi pelajar yang berakhlak baik dan berprestasi.

"Kita memiliki sedikitnya 23 program ekskul akademik maupun non akademik. Serta menyiapkan fasilitas lainnya mulai adanya action day yang digelar seminggu sekali hingga kegiatan kreasi yang merupakan ajang kreatifitas anak-anak, setiap selasa dan kamis," tutur Ratna.

Ia berharap, para pelajar tetap semangat belajar dan terus mengasah kreatifitasnya agar dapat meraih cita-citanya.

"Kita harapkan anak-anak kami menjadi manusia yang unggul, berprestasi dan bisa mengharumkan nama kedua orang tuanya, serta bangsa dan negara," pungkas Ratna.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut