get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ketika Gubernur Khofifah Pimpinan Bersihkan Sungai Avur di Sidoarjo

Kamis, 02 November 2023 | 22:30 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika memimpin bersih-bersih sungai avur di Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo. (Foto : Ist).

SIDOARJO, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jatim lakukan bersih-bersih dan normalisasi sungai Gemurung, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Kamis (2/11/2023).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang datang secara langsung memimpin kegiatan normalisasi untuk mengantisipasi penyumbatan aliran air sungai menjelang musim penghujan.

Khofifah mengatakan, pihaknya akan terus melakukan normalisasi pada sungai yang berpotensi menghalangi aliran sungai. Menurutnya, semua harus dibersihkan. "Terdapat empat eksavator yang bergerak membersihkan sungai," ucapnya.

Khofifah ingin aksi tersebut diikuti oleh daerah lain. Ia ingin memastikan sungai yang mengalami sedimentasi atau pendangkalan untuk dilakukan pengerukan. Dia melihat hampir di setiap sungai di Jawa Timur harus dilakukan pembersihan. Hal itu, pinta dia, harus dilakukan segera mungkin.

"Warning dari BMKG bahwa kemungkinan pada Februari 2024 itu sudah masuk pada intensitas hujan yang tinggi," ungkapnya.

Kemungkinan, imbuh Khofifah, hujan akan terjadi pada minggu ketiga bulan November. Karena itu, ia meminta pada satu hingga dua minggu ke depan agar semua pihak, baik warga Pemerintah Desa, Kecamatan maupun Kabupaten untuk bersama-sama melakukan pembersihan sungai.

"Saya rasa ke gotong-royongan masyarakat menjadi kekuatan kita untuk bersama-sama melakukan mitigasi. Ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, maka aliran air sungai ini kita pastikan dapat mengalir dengan baik," jelasnya.

Ini merupakan sungai ketiga yang telah dibersihkan Pemprov atas kolaborasi bersama Pemkab Sidoarjo. Sebelumnya Sungai Pelayaran di Taman dan Rewwin di Waru juga telah dibersihkan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut