get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Waw Akui Kecanggihan Teknologi AI, Star-Up Anthropic Diguyur Rp31,8 Triliun oleh Google?

Minggu, 29 Oktober 2023 | 13:41 WIB
header img
Google dilaporkan memberikan pendanaan sebesar USD2 miliar atau Rp31,8 triliun kepada Anthropic, sebuah startup yang mengembangkan sistem kecerdasan buatan (AI). Foto/My TechDecision/Pymnts

Anthropic dipandang sebagai salah satu saingan terbesar OpenAI, di belakang ChatGPT yang sangat populer dan menggemparkan dunia pada tahun lalu meninggalkan Google Bard dalam posisi terpuruk.

Dalam waktu kurang dari tiga tahun, perusahaan barunya telah berkembang menjadi bernilai lebih dari USD5 miliar. Namun ada juga fakta bahwa Anthropic sempat digugat oleh Universal Music Group dan label rekaman besar lainnya pada 18 Oktober 2023.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa Anthropic menggunakan alat AI-nya untuk mendistribusikan lirik berhak cipta tanpa kesepakatan lisensi.

“Penyalinan ke penyimpanan untuk digunakan dalam pelatihan AI kemungkinan merupakan kasus pelanggaran yang jelas. Pengadilan akan menjatuhkan hukuman pada perusahaan tersebut untuk menghentikannya,” ujar Jason Peterson, CEO GoDigital Media Group, sebuah perusahaan media dan teknologi yang berfokus pada manajemen hak kekayaan intelektual, mengatakan kepada Axios. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut