get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Antisipasi Jelang Musim Hujan, Kodim Sidoarjo Normalisasi Sungai

Kamis, 26 Oktober 2023 | 16:45 WIB
header img
Anggota Kodim 0816 Sidoarjo ketika bersih-bersih sungai Kali Sampurno, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. (Foto : Ist).

SIDOARJO, iNews.id - Kodim 0816 Sidoarjo memasifkan gerakan normalisasi aliran sungai yang ada di Sidoarjo. Hal ini dilakukan untuk antisipasi datangnya musim penghujan yang mendadak, meminimalisir potensi terjadinya banjir.

Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo bersama Forkopimka Tanggulangin terjun langsung bergotong royong dengan warga Desa Kalisampurno untuk membersihkan sekaligus mempercantik sungai yang melintasi desa tersebut.

Kali ini, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo bersama anggota Kodim 0816, beserta Forkopimka Tanggulangi bersama warga Desa Kalisampurno Kecamatan Tanggulangi, bergotong royong membersihkan sungai pempercantik sungai dam yang berada di Desa Kalisampurno.

Selain membersihkan sungai dari sampah maupun benda yang sekiranya bisa menggangu aliran air, anggota TNI AD dari Kodim 0816 Sidoarjo juga melakukan Karya Bakti TNI dengan membenahi sisi kiri-kanan aliran sekaligus membuat taman di tepi sungai.

"Kami bersama warga dan semua jajaran akan memasifkan gerakan normalisasi sungai. Kegiatan ini untuk meminimalisir banjir di desa-desa," jelas Letkol Inf Guntung di Desa Kali Sampurno.

Tak hanya memperbaiki aliran sungai dan memperindah sekitarnya, pihak Kodim 0816/Sidoarjo juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

Lebih lanjut mantab Pabandyawatpers Spersdam V/Brawijaya ini menjelaskan untuk melancarkan kegiatan ini, pihaknya menerjunkan sedikit 100 prajurit jjajarannya.

“Ini sudah kecamatan ke-16 dimana kami menjalankan program Karya Bakti TNI, dan masih akan lanjut lagi kedepannya,” ucap Letkol Inf Guntung.

Ia juga berharap program Karya Bakti ini menjadi inisiator sehingga daerah lain bisa meniru kegiatan serupa, khususnya pada usah pelestarian lingkungan yang berdampak pada meningkatnya ekonomi lokal.

"Kegiatan ini harus menjadi embrio kepada warga, agar di desanya masing-masing terhindar dari bencana pada saat musim hujan," imbuhnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut