get app
inews
Aa Read Next : 'Puas Bunda Tx For All' Pesan Misterius Berdarah Ditulis Ayah Pembunuh 4 Anak di Jagakarsa

Ulik Sianida! Bahan Kimia Kasus Kopi Maut Jessica Wongso Kembali Viral

Minggu, 08 Oktober 2023 | 17:00 WIB
header img
Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016. Foto/ the sun.

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016. Dilansir dari sindonews.com melalui laman cdc.gov pada Minggu (8/10/2023), Sianida merupakan bahan kimia yang bekerja cepat dan berpotensi mematikan serta mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

Bahan ini juga dikenal dengan sebutan potassium cyanide (untuk hidrogen sianida-hydrogen cyanide) dan CK (untuk sianogen klorida- cyanogen chloride).

Sianida dapat berupa gas atau cairan tidak berwarna, seperti hydrogen cyanide (HCN) atau cyanogen chloride (CNCl). Sianida juga dapat berbentuk kristal (padat), seperti natrium sianida-sodium cyanide (NaCN) atau kalium sianida- potassium cyanide (KCN).

Sianida memiliki bau “almond pahit,” namun tidak selalu mengeluarkan bau dan tidak semua orang dapat mendeteksi bau tersebut. Bagaimana Orang Bisa Terpapar Sianida? Sianida terlepas ke udara Orang dapat terpapar melalui kontak kulit, kontak mata atau menghirup gas sianida tersebut.

Efeknya, gas sianida menyebabkan gejala muncul paling cepat, namun menelan sianida padat atau cair juga bisa menjadi racun. Sianida dicampur air Orang dapat terpapar melalui sentuhan atau meminum air.

Sianida padat yang dilepaskan ke dalam air juga dapat menghasilkan gas hidrogen sianida (HCN atau AC) yang mengakibatkan kemungkinan terhirup (menghirup) gas tersebut. Diketahui jika makan, minum, atau menyentuh makanan atau minuman yang terkontaminasi sianida dapat membuat seseorang terpapar sianida.

Kontaminasi makanan atau minuman lebih mungkin terjadi dalam bentuk padat. Gas sianida paling berbahaya di tempat tertutup, di mana gas akan terperangkap.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut