get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka! Donny Kesuma Tutup Usai Usai Idap Penyakit Jantung

Viral! Usung Tema Street Fashion “Istana Berbatik” Hadirkan Artis Papan Atas, Siapa Saja?

Minggu, 01 Oktober 2023 | 12:56 WIB
header img
Istana Berbatik. (Foto: MNC)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Pergelaran Istana Berbatik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan berlangsung hari ini, pukul 19.00 WIB.

Pagelaran ini nantinya akan berlokasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Halaman depan Istana Merdeka pun telah bersolek, disulap hingga begitu megahnya, lengkap dengan lintasan catwalk sepanjang 150 meter.

Wamenparekraf sekaligus Ketua Panitia Acara Istana Berbatik, Angela Tanoesoedibjo pun menjanjikan suguhan istimewa dari peragaan koleksi busana batik.

Beragam koleksi batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO ini nantinya ditampilkan oleh perwakilan 7 kerajaan, selebriti, duta besar, influencer, atlet, Menteri, Wakil Menteri, dan pimpinan lembaga.

Tak ketinggalan, para model profesional juga akan melenggang di catwalk untuk menampilkan batik-batik dari desainer kenamaan Indonesia yang merupakan bagian dari ekonomi kreatif.

Istana Berbatik kali ini mengusung tema 'Street Fashion' dimana saat ini sedang tren ditengah masyarakat khususnya generasi milenial dan Gen Z. Direktur Utama Jakarta Experience Board Landi Rizaldi pun mengungkap jika ide ini datang dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, identitas bangsa, semakin dekat dengan masyarakat.

"Ide Street Fashion ini saya mungkin harus bilang bahwa idenya dari Bapak Presiden, ingin mendekatkan budaya batik ini, memperkenalkan lagi, mengapresiasi, kepada masyarakat,"ujar Landi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, dikutip dari okzone.com pada Minggu (1/10/2023).

Pagelaran Istana Berbatik pun sengaja dilakukan di luar ruangan, tepatnya 'di jalanan' dimana terletak di halaman Istana Merdeka dan melibatkan masyarakat dari latar belakang berbeda.

"Ini dilakukan di luar, di jalana dengan crowdnya berbagai macam golongan, instansi. Jadi memang street fashion ini sedang hype. Sehingga ini menjadi partisipasi Istana dalam rangka mendekatkan diri kepada masyarakat," pungkasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut