get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Tips Lolos Tes CPNS 2023, Ini Passing Grade dan Jumlah Soal SKD

Selasa, 19 September 2023 | 14:30 WIB
header img
Passing grade dan jumlah soal pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) patut diketahui untuk lolos tes CPNS. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka secara resmi pada Rabu, 20 September 2023. Salah satu seleksi yang harus dilewati pelamar adalah ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD merupakan salah satu tahapan tes pada Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Seleksi CASN terbagi dua yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tiga seleksi yang menjadi tahapan tes tersebut adalah Seleksi Administrasi. Seleksi administrasi berupa verifikasi atas dokumen yang diunggah peserta di laman SSCASN.

Kemudian bagi yang lolos seleksi administrasi maka berhak mengikuti SKD yang sama halnya dengan ujian online lainnya menggunakan berbasis komputer atau yang dikenal dengan Computer Assisted Test (CAT).

SKD yang menjadi bagian tes dari seleksi CPNS terdiri dari tiga materi yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Kompetensi Bidang atau TKP.

Lalu tes ketiga adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB terdiri dari tiga tes yaitu tes kompetensi jabatan, tes wawancara, dan tes lain seperti uji portofolio ataupun presentasi dan wawancara.

Artikel kali ini akan membahas mengenai passing grade SKD yang berlaku pada seleksi CPNS 2023 yang dikutip dari Keputusan Menteri PAN RB No 651/20230 Tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS 2023.

Serba-Serbi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 2023, dikutip dari sindonews.com Selasa (19/9/2023).

1. Materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) - Nasionalisme - Integritas - Bela Negara - Pilar Negara - Bahasa Negara

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut