get app
inews
Aa Read Next : Tiga Napi Terorisme di Lapas Kediri Ikrar Setia Pada NKRI

Sejarah Kehancuran PKI, Rampas Tanah Milik Para Kiai di Wilayah Kediri

Selasa, 05 September 2023 | 14:05 WIB
header img
PKI hancur dan secara organisasi resmi dibubarkan sekaligus ditetapkan sebagai partai politik terlarang setelah peristiwa 1965. (ilustrasi).

KEDIRI, iNewsSidoarjo.id - Kisah kehancuran PKI di wilayah Kediri menarik untuk diulas. Sejarah itu terjadi tak lama setelah munculnya kebijakan Landreform, yakni tanah untuk rakyat seperti yang diamanatkan UU Pokok Agraria tahun 1960.

Kebijakan baru tersebut memicu konflik horizontal di wilayah eks karesidenan Kediri Jawa Timur.

Organisasi sayap PKI, BTI terlibat kontak fisik dengan GP Ansor gegara merampas tanah kiai. Kediri sebagaimana karesidenan Besuki dan Madiun merupakan daerah basis atau kantong suara PKI (Partai Komunis Indonesia).

Pada pemilu parlemen 1955, PKI di Kediri memperoleh 457 suara. Konflik BTI dan Ansor Dikutip dari iNews.id, Minggu (3/9/2023) melalui buku Pemilihan Umum 1955 di Indonesia (1971), perolehan suara terbesar PKI di Kediri bersaing ketat dengan PNI yang meraup sebanyak 455 suara, dan disusul NU sebanyak 366 suara, serta Masyumi 155 suara.

Berdalih melaksanakan landreform yang dilindungi undang-undang, para aktivis BTI (Barisan Tani Indonesia) Kediri, yakni sayap PKI di sektor pertanian, mulai mematoki tanah negara.

Tidak hanya tanah negara. Memasuki tahun 1964, orang-orang BTI di Kediri juga bergerak mematoki tanah milik rakyat yang dianggap melebihi batas. Celakanya, sejumlah tanah yang diklaim sepihak oleh BTI merupakan milik para kiai.

Tidak sedikit tanah juga milik pengurus partai NU, PNI dan Masyumi. Keberanian berlebih para aktivis BTI PKI itu dipengaruhi adanya pimpinan PKI yang duduk di kementerian.

“Semangat PKI BTI dalam melakukan landreform ini semakin berkobar setelah salah seorang pimpinan PKI yaitu Njoto diangkat sebagai Menteri Urusan Landreform,” demikian dikutip dari buku Benturan NU PKI 1948-1965.

Konflik horizontal semakin runcing ketika GP Ansor NU Kediri menyatakan tegas melawan. Ansor NU Kediri secara terbuka menantang orang-orang BTI yang berani merampas tanah milik warga NU.

Untuk menandai tanah milik warga NU, sejumlah tanah ditancapi bendera NU sekaligus pernyataan: Ansor siap menyerang PKI jika berani mencabutnya.

Benturan fisik pun tak terhindarkan. Sejumlah aktivis PKI BTI dibuat tunggang langgang ketika Ansor membebaskan tanah perkebunan tebu milik Rais Syuriah PCNU Kabupaten Kediri.

Ansor NU juga berhasil membebaskan tanah milik anggota PNI Kediri yang sebelumnya meminta bantuan karena telah dirampas orang-orang BTI.

Benturan horizontal yang dipicu aksi sepihak orang-orang PKI BTI juga terjadi di Kabupaten Trenggalek yang merupakan wilayah karesidenan Kediri.

Konflik horizontal di Kediri antara BTI dan Pemuda Rakyat dengan Ansor NU didengar Jakarta. PKI Hancur dan Dibubarkan Dalam sidang kabinet yang dihadiri Ketua Umum PBNU KH Idham Chalid, pimpinan tertinggi PKI D.N Aidit mengeluhkan persoalan di Kediri kepada Presiden Soekarno atau Bung Karno.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut