get app
inews
Aa Read Next : 47 Kasus Pelanggaran Netralitas dan Kode Etik PNS di Pemilu 2024, Apa Saja?

5 Fakta dan Kriteria ASN yang Dicari Negara pada Seleksi CPNS 2023

Minggu, 20 Agustus 2023 | 15:40 WIB
header img
Fakta Seleksi CPNS 2023. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka September 2023. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan sebanyak 1,03 juta formasi akan dibuka pada seleksi tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan kriteria PNS yang dicari saat ini berbeda dari tahun sebelumnya. Melihat kebutuhan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada tahun ini.

Berikut fakta seleksi CPNS 2023 hingga kriteria ASN yang dicari negara dikutip melalui okzone.com, Minggu (20/8/2023).

1. Formasi CPNS dan PPPK Anas menjelaskan pada tahun ini lowongan CPNS mulai dibuka pada bulan September mendatang dengan total 1,03 juta formasi.

Sebanyak 80% akan di isi oleh PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan 20% akan di isi oleh fresh graduate. Secara detail, rencana kebutuhan ASN secara nasional tahun 2023 ditetapkan formasi sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK.

Detail penetapan jumlah kebutuhan (formasi) setiap kementerian/lembaga/daerah (K/L/D) masih dalam proses finalisasi sejalan dengan proses validasi dari usulan yang disampaikan masing-masing instansi.

2.Usulan Kebutuhan ASN Usulan kebutuhan ASN yang disampaikan instansi pemerintah memuat data struktur organisasi, analisis beban kerja, eksisting pegawai, jumlah kebutuhan ASN, dan masa hubungan perjanjian kerja PPPK.

Usulan kebutuhan tersebut dalam tahap validasi oleh Kementerian PANRB. Pemerintah pusat menetapkan 46.666 kebutuhan. Sedangkan pemerintah daerah 943.373 kebutuhan. Sementara itu, formasi CPNS dari sekolah kedinasan sebesar 6.259.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut