get app
inews
Aa Read Next : Kibarkan 25 Ribu Bendera Partai Serentak di 24 Kabupaten-Kota, Apa Alasan Perindo Sulsel?

3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Kali di Hari Kemerdekaan Indonesia, Siapa Mereka?

Kamis, 17 Agustus 2023 | 18:59 WIB
header img
Ilustrasi Tokoh yang Pertama Kali Mengibarkan Bendera Merah Putih (Foto:Okezone)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Ada 3 tokoh yang pertama kali mengibarkan bendera Merah Putih di hari Kemerdekaan Indonesia menarik untuk diulas. Hal ini dikarenakan moment penting yang tidak terlupakan bagi masyarakat Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Berikut 3 tokoh yang mengibarkan Bendera Merah Putih pertama kali saat proklamasi 1945 yang dikutip dari okezone.com, Kamis (17/8/2023) melalui berbagai sumber:

1. Abdul Latief Hendraningrat Latief Hendraningrat saat itu merupakan seorang cudanco (komandan kompi) pada Jakarta-syoo Dai Ichi Daidan pimpinan Kasman Singodimejo.

Kisahnya bermula pada 17 Agustus 1945 pagi, ia mengatakan kepada sidokan (tentara Jepang yang mengawasi Daidan) bakal latihan di kota bersama rekan-rekannya.

Namun sebenarnya di Ibu Kota saat hari proklamasi, Latief berada di halaman rumah Jalan Pegangsaan Timur 56 untuk melakukan penjagaan.

"Pikiran saya waktu itu memang tegang. Mata terus tertuju ke jalan besar melihat kemungkinan gangguan," ujar Latief, sebagaimana dikutip dari buku 'Seputar Proklamasi Kemerdekaan' yang disunting oleh Hendri F Isnaeni, Sabtu (26/8/2017).

Upacara proklamasi kemerdekaan pun dilakukan, dan Ir Soekarno menjadi pemimpinnya yang membacakan teks kemerdekaan.

Saat itu Latief Hendraningrat berada di sebelah kanan Bung Karno. Proklamasi diucapkan, kemudian Indonesia merdeka. Melalui bantuan seorang pemuda bernama Suhud Sastrokusumo, seorang tokoh dari Barisan Pelopor, Latief mengibarkan bendera di sebuah tiang bambu sederhana depan kediaman Jalan Pegangsaan Timur 56.

Lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' juga berkumandang dan sang saka merah putih berkibar di udara Indonesia merdeka. Melalui peristiwa ini, Latief Hendraningrat bisa dibilang sebagai pelopor paskibraka Tanah Air.

Saat masih tergabung di pasukan Jepang, Latief menjadi salah satu orang yang dipercaya di Pusat Latihan Pemuda atau Seinen Kun Reshu pada masa penjajahan Jepang yang berubah nama menjadi Pembela Tanah Air (PETA).

Namun, ia akhirnya keluar dan memilih bergabung dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut