get app
inews
Aa Read Next : Jadi Tentara Bayaran Bela Ukraina, Rusia Sebut 4 dari 10 WNI Tewas

Krisis Pangan Global! Zelensky Kecam Serangan Rusia Terhadap Infrastruktur Ukraina

Kamis, 03 Agustus 2023 | 14:31 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam serangan Rusia. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsSidoarjo.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam serangan Rusia terhadap infrastruktur pelabuhan dan gudang gandum di selatan Wilayah Odesa. Serangan itu disebut bisa menyebabkan krisis pangan.

"Moskow sedang melakukan pertempuran untuk menciptakan bencana global. Dalam kegilaan mereka, mereka ingin menghancurkan pasar pangan dunia, mereka ingin krisis harga, mereka ingin gangguan pasokan," kata Zelensky seperti dilansir dari iNews.id melalui laman Reuters, Kamis (3/8/2023).

Serangan terhadap infrastruktur pelabuhan Ukraina ini telah menyebabkan kekhawatiran besar di kancah internasional. Negara-negara lain menyatakan keprihatinan mereka atas tindakan agresif Rusia dan dampaknya terhadap stabilitas global. Banyak pemimpin dunia yang mengecam tindakan Moskow ini sebagai tindakan yang tidak bertanggung jawab dan mengancam perdamaian dunia.

Pemerintah Ukraina telah meminta bantuan internasional untuk menghadapi krisis ini. Mereka berharap masyarakat internasional akan bersatu untuk memberikan dukungan dalam mengatasi serangan Rusia yang merugikan ini.

Rusia belakangan ini mulai meningkatkan serangan terhadap infrastruktur pertanian dan pelabuhan Ukraina. Tindakan itu menyusul penolakan Moskow untuk memperpanjang Kesepakatan Gandum Laut Hitam yang memungkinkan ekspor biji-bijian dari Ukraina di tengah perang.

Untuk pertama kalinya sejak berakhirnya Kesepakatan Gandum Laut Hitam, beberapa kapal kargo asing tiba di Pelabuhan Izmail melalui Laut Hitam pada Minggu (30/7) lalu, menurut laporan media Ukraina.

Serangan Rusia lainnya pada akhir Juli menyasar terminal Pelabuhan Izmail di delta Danube.Serangan itu menghancurkan salah satu gudang biji-bijian di sana. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut