get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Bawaslu dan Panwascam Turun Gunung Klarifikasi Ketua DPR Sidoarjo Usman Soal Video Viral di BKD

Senin, 31 Juli 2023 | 20:42 WIB
header img
Komisioner Bawaslu dan Panwascam ketika klarifikasi kepada Usman, Ketua DPRD Sidoarjo yang saat ini kembali maju sebagai Bacaleg PKB terkait video viral diduga curi start kampanye saat menjadi narasumber di BKD setempat. (Foto : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Sidoarjo mendatangi Kantor DPRD Sidoarjo di Jalan Sultan Agung Sidoarjo untuk klarifikasi.

Tujuannya, untuk mengkarifikasi video viral Usman, Ketua DPRD Sidoarjo yang saat ini juga maju sebagai Bacaleg dari PKB.

“Kami datang untuk melakukan klarifikasi berdasarkan temuan video viral," kata Agung Nugraha, anggota Bawaslu Sidoarjo devisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa usai klarifikasi, Senin (31/7/2023).

Perlu diketahui, klarifikasi itu berkaitan video viral yang ada Ketua DPRD Sidoarjo Usman yang diduga mencuri start kampanye saat diundang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo pada 13 Juli 2023 lalu.

Video yang viral itu ketika Usman menjadi narasumber, memberikan materi dan muncul slide akhir materi yang disampaikan nampak gambarnya dengan kalimat ajakan untuk kembali memilihnya sebagai wakil rakyat pada acara persiapan masa pensiun aparatur sipil negara (ASN) di Gedung BKD Sidoarjo.


Video viral tampilkan slide diduga curi start kampanye yang dilakukan Usman, Ketua DPRD Sidoarjo saat menjadi narasumber di BKD setempat. (Foto : tangkapan layar/iNewsSidoarjo.id).
 
Agung mengungkapkan, proses klarifikasi dari Bawaslu Sidoarjo ini dilakukan di ruang kerja Ketua DPRD Sidoarjo. Sebab, ungkap dia, dalam aturan klarifikasi itu boleh dilakukan dengan mengundang dan mendatangi pihak terkait.

“Intinya kami klarifikasi, peristiwanya seperti apa, apakah benar terkait video itu," ucapnya yang saat klarifikasi itu juga ada Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid.

Selain Ketua DPRD Sidoarjo Usman, Bawaslu dan Panwascam Sidoarjo juga telah mengklarifikasi Plt Kepala BKD Sidoarjo Mahmud dan pihak terkait yang ada saat kejadian itu.

"Untuk klarifikasi ini yang terakhir. Nanti selanjutnya akan kita tarik kesimpulan. Apakah ini bisa dijadikan temuan atau tidak. Ini akan kami putuskan dalam dua hari kedepan,” jelasnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut